Breaking News

Harganas 2022, Kota Solok Gelar Pelayanan KB Sejuta Akseptor


Solok Kota,Figur news.com -Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 tahun 2022, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mulai dari pusat sampai daerah menggelar pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di seluruh Indonesia.

Melalui pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, BKKBN terus meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur. Pengendalian angka kelahiran dalam satu keluarga akan berdampak kepada penurunan prevalensi stunting.

Agenda nasional ini juga diselenggarakan di Kota Solok oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok yang dilaksanakan pada Rabu (15/06/2022) bertempat di Polkes Wirabraja Kodim 0309/Solok Jln. A. Yani Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok.

Peringatan Hari Keluarga Nasional atau Harganas ini bertujuan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Adapun jenis pelayanan yang diberikan pada kegiatan ini adalah jenis pelayanan KB semua metode, yang terdiri dari pelayanan KB ulangan, pelayanan KB baru, pelayanan KB ganti cara (metode), dan pelayanan KB pasca persalinan.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si yang diwakili oleh Staf Ahli Zulfadli, SH, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Elvi Rosanti, Sekretaris BKKBN Kota Solok Dra. Nani Rialinda, Kedua Darma Wanita Kota Solok Ny. Dona, LKAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Bundo Kanduang Siti Novembra, Camat Lubuk Sikarah Feri Andira, Camat Tanjung Harapan Feri Agriadi, Lurah VI Suku, Nofriandi, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXIII dan tamu undangan lainnya.

Program KB merupakan salah satu program tidak boleh kita lupakan meskipun ditengah pandemi seperti ini. Bisa dibayangkan jika pandemi ini berlangsung cukup lama, dan kita lengah dalam mengontrol jumlah penduduk, bisa jadi setelah pandemi ini selesai kita akan dihadapkan dengan masalah baru yaitu ledakan penduduk.

Sesuai dengan motto kali ini, “Berencana itu Keren” mari kita sama-sama mensukseskan program keluarga berencana, mari kita wujudkan perencanaan keluarga yang matang guna mencetak sumber daya manusia yang unggul demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Pelaksanaan program KB serentak sejuta akseptor ini, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang ada, karena tujuan dari program ini adalah agar kebutuhan akan alat atau obat kontrasepsi bagi pasangan usia subur di kota Solok

Sementara itu Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra sangat antusias dan mendukung program BKKBN dalam menekan angka kelahiran khususnya di Kota Solok. Diharapkan program ini juga disambut dengan antusiasme masyarakat menjadi akseptor KB guna merencanakan kehamilan dan kelahiran dan mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Dengan program pelayanan sejuta akseptor ini dapat memberikan kontribusi terhadap perencanaan keluarga di Kota Solok serta meningkatkan pelayanan dalam pendistribusian alat kontrasepsi kepada pasangan usia subur yang ber-KB ke depannya,” harapnya. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre