Breaking News

Era Revolusi Industri 4.0, Disdikbud Agam Tingkatkan Literasi Digital Guru SMP

 


Agam, Figurnews.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Digital, MyEnglishStep.com untuk guru mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP se-Kabupaten Agam tanggal 23-26 Juni 2022 di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung. 

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Agam H Dr Andri Warman, MM tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Desimasi Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi bahagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Tim PKM UNJ dipimpin oleh Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA dengan anggota, yaitu Tara Mustikaning Palupi,M.Hum, Imas Wahyu Agustina, MPd., serta beberapa mahasiswa UNJ.

Menurut Bupati untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan e-learning 5.0 saat ini kompetensi Bahasa Inggris wajib dimiliki oleh semua pembelajar untuk mengikuti perkembangan dunia. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pengantar telah dijadikan sebagai bahasa umum di dunia pendidikan. 

“Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk memberikan segala informasi dan edukasi dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik kepada siswa”, terangnya.

Bupati Agam juga menyatakan bahwa penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Agam untuk meningkatkan SDM. Bupati berharap agar Guru Bahasa Inggris dpat memaksimalkan keterlibatannya dalam pelatihan ini sekaligus mengimplementasikan keterampilan digital yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran di kelas. 

Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA dalam sambutannya menyampaikan Kurikulum Merdeka mempersyaratkan hadirnya guru dengan kompetensi yang mumpuni untuk memfasilitasi siswa dengan literasi abad-21. 

“Guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris di SMP tidak hanya harus menguasai literasi bahasa Inggris tetapi juga harus mampu mengajarkannya dengan memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran”, ujar Prof Ilza Mayuni.

Kepala Dinas Dikbud Agam, Drs Isra, M.Pd mendorong guru bahasa Inggris untuk terus mengembangkan profesinya dengan keterampilan yang diperlukan untuk merespons 

tuntutan Kurikulum Merdeka.

Tim PKM UNJ berkomitmen untuk melaksanakan program pendampingan berkelanjutan selama 3 tahun ke depan. Selain pelatihan tatap muka, tim PKM UNJ juga siap memfasilitasi MGMP Bahasa Inggris SMP untuk menyelenggarakan lokakarya berseri secara daring dalam rangka pengembangan profesi guru di Kabupaten Agam. (Fuad)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre