Breaking News

Dukung Penuh UMKM Kabupaten Agam, Kemendag RI Bantu Promosi Hingga ke Luar Negeri

 


Agam, Figurnews.com - Bupati Agam Dr H Andri Warman MM dan Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Dr Jerry Sambuaga beserta rombongan mengunjungi lokasi wisata edukasi keluarga, Keju Lasi, di Nagari Lasi, Kecamatan Canduang , Selasa (28/6). 

Pada sambutan hangatnya kepada Wakil Menteri Perdagangan RI dan pengusaha UMKM yang hadir pada kunjungan tersebut Bupati Agam menyampaikan, “Jika produk sudah dikenal lalu dijual secara online, maka pasar yang lebih besar akan terbuka dengan sendirinya,”. 

Ditambah lagi saat ini, Pemkab Agam tengah fokus untuk membantu UMKM dalam pemasaran produk yang dihasilkan. 

“Direncanakan, Pemkab Agam akan membuat suatu badan atau BUMD, dimana nantinya BUMD ini akan menampung seluruh produk-produk dari UMKM, dan membantu memasarkannya,” ujarnya. 

Pemerintah melalui Wakil Menteri Perdagangan RI mendukung penuh kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Agam dan akan merealisasikan langkah promosi hingga ke luar negeri. 

"Saya pikir ini bagus ya, ini bentuk kongkrit dari pengembangan UMKM dari produk lokal, saya coba tadi keju yang dikembangkan dalam bentuk makanan olahan dan minuman, tentunya ini kami support salah satunya dari aspek promosi untuk peningkatan ekspor", kata Jerry. 

Jerry mengatakan dukungan pemerintah juga akan dilanjutkan dengan jadwal yang tersusun antara seluruh komponen bisnis secara profesional. 

"Melalui business matching, atau pertemuan bisnis yang terjadwal dari pelaku UMKM dengan calon mitranya nanti, itu sangat membantu produksi lokal", kata Jerry. 

Menurutnya, pertemuan bisnis itu akan dilakukan di beberapa negara untuk produk ekspor yang dilakukan oleh perwakilan Kementerian Perdagangan. 

Wamendag juga memberikan apresiasi kepada Bupati Agam yang turut serta membangun ekonomi khususnya dari UMKM yang diharapkan mampu menembus produk hingga ke luar negeri. 

"Ini luar biasa pengembangan UMKM nya, terimakasih Pak Bupati, saya harapkan menjadi tolak ukur bagi daerah lain dalam upaya menembus pasar ekspor", katanya. 

Ia mengatakan pemerintah juga akan membantu proses revitalisasi pasar di Kabupaten Agam sesuai dengan aturan. 

"Tahun ini sudah ada satu pasar yang akan direvitalisasi di Agam, Pasar Baso, selain itu kami akan memfollow up permintaan lain dari Bupati, akan disesuaikan dengan aturannya," kata Jerry. 

Sementara itu, Pemilik Keju Lasi, Suhatril ST MT , mengucapkan terimakasih kepada Wakil Menteri Perdagangan RI dan Bupati Agam atas kunjungannya di Wisata Edukasi Keju Lasi. Suhatril selaku Pengurus Forum UMKM Kabupaten Agam Periode 2021-2025 juga menerima Piagam Penghargaan atas peran sertanya memajukan UMKM di Kabupaten Agam yang diserahkan langsung oleh Wamendag. 

Produk-produk yang dihasilkan di Keju Lasi diantaranya Keju Mozzarella dan Keju Rikota. Di wisata edukasi ini, wisatawan juga berkesempatan untuk mengetahui cara pembuatan keju, dan ikut dalam kegiatan yang ada di lokasi, seperti memberi makan ternak dan lain sebagainya.(Fuad)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre