Breaking News

Desa Terindah Pariangan Baralek Gadang, Ini Agendanya

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Alek anak nagari Pariangan resmi dibuka Bupati Eka Putra ditandai dengan letusan badia-badia batuang, pawai arak-arakkan, tari massal dan pidato adat yang bertempat di lapangan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (25/6/2022). 

"Event ini kami beri tema Pesona Nagari Tuo Pariangan, dan pada Event ini nanti akan ditampilkan kesenian serta budaya adat yang merupakan kearifan lokal nagari tuo Pariangan ini," kata Wali Nagari Pariangan Edison. 

Disamping itu katanya, dengan adanya event ini akan mampu menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke nagari tuo Pariangan yang merupakan desa terindah di dunia ini. 

Hal senada juga diungkapkan Bupati Eka Putra  bahwa festival pesona nagari tuo Pariangan ini mampu membangkitkan kembali berbagai kesenian tradisional anak nagari seperti sasaran silek, sanggar kesenian, serta klub olahraga, UMKM, dan kunjungan wisata ke nagari tuo Pariangan. 

"Tadi sewaktu Saya sampai disini disambut oleh berbagai kesenian tradisional dari masing-masing jorong, inilah yang sebenarnya ingin kita galih dan berdayakan kembali. Tentunya melalui event ini kebudayaan yang ada disetiap jorong atau nagari yang selama ini terpendam bisa bangkit kembali, muncul ke permukaan bahkan dipromosikan melalui event-event seperti ini," kata Eka Putra. 

Bupati Eka juga meminta kepada seluruh masyarakat agar menyadari bahwa negeri  ini merupakan adalah negeri yang indah dan kaya akan budaya, bahkan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Alek Anak Nagari Pariangan ini akan berlangsung sampai tanggal 26/6 ini selain menampilkan kesenian juga menampilkan berbagai kuliner tradisional, seperti nasi basarok atau  sipangek, lamang bugih, limpiang pisang, kacimuih, kalamai gigia serta makanan tradisional lainnya. 


Tampak hadir pada acara tersebut Pimpinan DPRD Tanah Datar Saidani beserta anggota DPRD Tanah Datar lainnya, Wakil Rektor UIN Mahmud  bisa Batusangkar, Asisten, Kepala OPD, Direktur PDAM Tirta Alami, Camat se Tanah Datar,  Wali Nagari se kecamatan Pariangan, angku-angku, niniak mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre