Breaking News

BPJS Ketenagakerjaan Agam Berkolaborasi dengan DPMN Kabupaten Agam Berikan Sosialisasi Program Jaminan Sosial kepada Wali Nagari Se-Kabupaten Agam


Agam, Figurnews.com --

Bupati Agam Andri Warman, MM membuka acara sosialisasi dan implementasi instruksi Bupati Agam No.1 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Wali Nagari Se Kabupaten Agam yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2022 lalu. Acara tersebut diadakan di Ballroom Hotel Novotel Bukittinggi, Kamis (2/5). 

Acara ini diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Agam ang berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kab. Agam dalam rangka optamalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Agam dan mensukseskan Gerakan “Sumatera Barat menuju 1 Juta Peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan”. BPJS Ketenagakerjaan Agam memiliki beberapa program Jaminan Sosial diantaranya yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Return to Work (RTW), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Jaminan tersebut diberikan kepada pekerja-pekerja di nagari baik pekerja formal ataupun informal. 

Sunardi, S.T selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan di dalam Laporan Kegiatannya menyatakan “Tujuan diadakannya acara ini diharapkan selesai acara ini BPJS Ketenagakerjaan bersama pemerintah nagari dapat bersama melindungi seluruh pekerja yang ada di masing-masing nagari”. 

Sunardi mengutarakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya untuk melindungi seluruh pekerja namun juga termasuk keluarganya ketika tenaga kerja tersebut mengalami resiko kecelakaan kerja. “Harapan kami santunan yang diberikan kepada ahli waris dapat menyambung hidup keluarga yang ditinggalkan baik istri ataupun anak-anaknya”, ungkapnya. 

Berdasarkan laporan kegiatan yang disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Agam tersebut diketahui sebanyak 82 nagari telah mendaftarkan seluruh perangkatnya di program BPJS Ketenagakerjaan. Sunardi juga menegaskan  BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program dasar dari pemerintah yang wajb diikuti oleh seluruh pekerja dan telah dibangun 5 kantor cabang di nagari persiapan dan 31 Bamus. 

Hal itu didukung oleh Bupati Agam , karena  beliau merasa bangga jika seluruh pekerja yang ada di nagari masing-masing sesuai dengan peraturan yang berlaku sudah diikutkan program BPJSTK.

“Ini jadi semacam jaminan bagi para pekerja, ada jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua , jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan” tegas bupati.

Bupati juga berpesan kepada wali nagari yang hadir untuk lindungi masyarakat yang ada di nagari masing-masing melalui jaminan ketenagakerjaan ini. 

Seusai sambutan, Bupati Agam menyerahkan santunan kematian secara simbolis kepada 3 orang ahli waris dari keluarga Alm. Muhammad Nahar, Alm. Satriadi, dan Alm.Risman yang merupakan niniak mamak di Nagari Simarasok yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Santunan yang diberikan yaitu sebesar Rp 42.000.000,- kepada masing-masing ahli waris. Kemudian diberikan juga dua kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta dari Bamus yang baru terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yaitu Aswaldi dan Roni Trianto. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas DPMN, Kepala Dinas Sosial , Kepala Dinas Kesehatan , Ketua Perhimpunan Wali Nagari, dan 82 Wali Nagari/perwakilan lainnya di lingkungan Kabupaten Agam. (Kominfo)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre