Breaking News

Setelah Gempa, Korban Badai Puting Beliung Pasbar Butuh Bantuan


Pasaman Barat, Figurnews.com

Hujan lebat disertai angin puting beliung melanda sejumlah titi daerah di kabupaten Pasaman Barat Sabtu sore (28/5) menerjang sejumlah rumah warga dan hunian sementara (Huntara) korban gempa di Kajai dan Simpang Timbo Abu Kecamatan Talamau.

Dari informasi Camat Talamau Andre Affandi menyampaikan terdapat belasan unit hunian sementara korban gempa di daerah itu.

Ia mengatakan dari data awal di Jorong Tanjung Beruang ada sekitar 12 unit rumah, di Rimbo Batu ada lima unit dan sejumlah titik lainnya di Pasa Lamo, Kampung Alang, Lubuak Sariak, Limpato, Timbo Abu dan Mudiak Simpang.

"Adapun rumah Musbar di kampung Pasir Jorong Rimbo batu nagari kajai mengalami rusak parah akibat bencana angin puting beliung kemarin"

Informasi terkini, Minggu (29/5) dua rumah di jorong Padang Tujuh Aur Kuning  dan batang saman nagari Aia Gadang kecamatan Pasaman dan Muaro kiawai Kecamatan Gunuang tuleh juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Para korban badai puting beliung saat ini sangat membutuhkan bantuan diantara terapal, peralatan dapur, Perlengkapan bayi, beras dan Makanan siap saji.

"Sebagian warga yang rumahnya rusak atau hunian sementara yang rusak menumpang di rumah tetangga yang tidak terdampak angin kencang," katanya.

Apalagi, katanya di Nagari Kajai saat ini warganya banyak menggunakan hunian sementara karena rumah mereka rusak akibat gempa 25 Februari lalu.

"Mudah-mudahan angin kencang tidak ada lagi sehingga warga yang ada di Nagari Kajai tidak merasa was-was lagi apalagi yang rumahnya hanya hunian sementara yang terbuat dari terpal," katanya.

Salah seorang warga Kajai Andi (38) mengatakan akibat angin kencang itu sejumlah rumah dan hunian sementara korban gempa banyak yang rusak.

"Banyak warga yang menumpang tidur di rumah tetangga dan mudah-mudahan tidak ada bencana lagi," harapnya

"Tidak saja huntara dan atap rumah rusak tertimpa pohon yang tumbang oleh angin kencang yang secara tiba tiba tersebut juga menimpa tiang dan travo listrik. Sehingga aliran arus listrik padam di  kejorongan Simpang Timbo Abu" katanya

Untuk antisipasi hubungan konsleting, pihak PLN melakukan Pemadaman listrik dan perbaikan  trafo yang jatuh akibat terbawa pohon tumbang, tepatnya di daerah Koto Alam Padang Tujuh, Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman.

Terjadi bencana. Segera laporkan kepihak terkait AZHAR (081275496312) : KALAKSA BPBD atau AFRIZAL (085364645131) KABID KL.

(Dodi Ifanda)



Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre