Breaking News

Pemkab Tanah Datar Lakukan Studi Tiru ke Kabupaten Badung

 

Tanah Datar, Figurnews.com -  Bupati Eka Putra dan rombongan melakukan studi tiru di desa wisata Carang Sari yang berada di Kabupaten Badung Provinsi Bali, Sabtu (28/5/2022)

Kedatangan Bupati bersama rombongan di desa Carang Sari disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Nyoman Rudiarta, bersama Kepala P2KBP3A, Balitbang, Kepala Cabang BPD Bali, Kepala Desa Desa Carang Sari serta Ketua Pengelola Desa Wisata Carang Sari. 

"Kunci yang paling utama dalam membangun sebuah desa wisata adalah pengelolaannya serta kesadaran dan partisipasi dari masyarakat, itu yang paling penting. Ini sudah kita lihat di tiga desa wisata yang sudah kita lihat dan kunjungi, dan kita pemerintahan sifatnya mendukung bersama DPRD," tambah Bupati. 

Untuk itu kepada Camat, Wali Nagari serta Pokdarwis, diminta untuk serius dan benar-benar belajar dengan baik selama melaksanakan studi. "Saya ingin ini benar-benar dipelajari, terutama bagaimana cara dan teknik-tekniknya untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam membangun desa wisata, karena tujuannya tidak lain untuk mensejahterakan masyarakat," tambah Bupati. 

Sementara Bupati Badung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata I Nyoman Rudiarta pada kesempatan yang sama mengatakan membangun sebuah desa wisata itu tujuannya bukan menjadi sang juara, namun yang terpenting adalah bagaimana desa wisata itu sendiri mampu menghasilkan manfaat yang lebih untuk masyarakat setempat bukan untuk pemerintah. 

"Jujur ada sistem yang kita bangun disini, yang pertama apa sih tugasnya pemerintah disitu ? Pemerintah tugasnya hanya membuat sebuah kebijakan terhadap aturan yang ada. Sementara juga ada  masyarakat yang notabene disini adalah sebagai objek dan juga subjek. Karena didalam konsep desa wisata masyarakat tidak hanya sebagai objek tetapi juga harus sebagai pelaku didalamnya, ini berbeda dengan kawasan wisata," ujarnya. 

Sementara peran pemerintah disana juga harus ada, karena dalam membangun sebuah desa wisata yang pertama dibutuhkan adalah aksesbilitas, UMKM, dan yang lainnya. 

"Disinilah fungsi dan peran pemerintah dan juga pemerintahan desa, karena masyarakat tidak mungkin membangun jalan sendiri tanpa adanya pemerintah disana. Disini juga diperlukan sinergitas OPD terkait, karena disini ada fungsi dari masing-masing dinas seperti dinas PUPR, dinas Koperindag dan yang lainnya selain dinas Pariwisata sebagai leader," pungkasnya. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre