Breaking News

Pemerintah Desa Srigunung melaksanakan pelatihan RDS dan Rembuk Stutanting


SUNGAI LILIN MUBA , Figurnews.com -  Guna untuk pencegahan dan percepatan angka penurunan stunting. Pemerintahan Desa Srigunung, Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan pelatihan kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS) dan rembuk Stutanting , Rabu (25/05/22). 

Kegiatan pelatihan  Rumah Desa Sehat (RDS ) dan rembuk Stutanting  ini dilaksanakan di Desa Panca Tunggal yang dihadiri oleh narasumber dari tim tenaga ahli pemberdayaan masyarakat, Kabupaten Musi Banyuasin dan  juga  PJOK Kecamatan Sungai Lilin.


Dikesempatan kegiatan tersebut Kepala Srigunung  Iwan Heryanto mengucapkan terimakasih kepada  pemerintah  dan semua pihak dalam upaya percepatan pencegahan resiko terjadinya Stunting di desa Srigunung.

" Adapun kegiatan ini kami ikut sertakan sebanyak 28 peserta   yakni ,  Kader Posyandu, Guru PAUD, Bidan Desa , Kader PKK,  LPM, BPD , Karang Taruna dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting," ungkapnya.


Kemudian lebih lanjut  Iwan Heryanto , untuk tahun 2022 ini sama seperti desa desa lainnya,  kita lakukan kegiatan tersebut 4x  dalam setahun dengan 3x musyawarah desa dan 1x penguatan atau konseling di bidang kesehatan.

" Ya, Melalui kegiatan inilah kita dapat  meminimalisir, dan menambah wawasan terutama  bagi kader - kader desa dan pemerintahan desa agar bisa lebih baik lagi dalam kegiatan pencegahan stunting," imbuhnya.

Sementara itu di sela acara RDS  saat diwawancarai Figurnews.com , Katri Gentari SE.MM sebagai tenaga ahli pemberdayaan masyarakat mengatakan bahwa, Kegiatan RDS ini adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan dalam rangka percepatan angka penurunan starting. 

" Benar , ini sesuai dengan regulasi dari pusat Perpres No 72 kemudian SE No 15 terkait 5 pilar angka penurunan stunting," ucapnya.

Selain itu Katri  mengatakan " Ada satu kegiatan  rembuk stutanting guna  untuk menghasilkan usulan berbasis perencanaan  stunting yang akan dianggarkan melalui anggaran APBD tahun 2022 di masing-masing Desa," pungkasnya.(Dr)

Editor posting  : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre