Breaking News

Kodam II/Sriwijaya Peringati Harkitnas ke-114 Tahun 2022



Palembang, Figurnews.com,-

Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia yang selalu diperingati setiap 20 Mei.

Terkait hal itu, Kodam II/Sriwijaya menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-114, Jum'at (20/05/2022), bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Palembang. Selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Pamen Ahli Bidang Ekonomi Pok Sahli Pangdam II/Swj Kolonel Inf Jefson Marisano S, S.I.P.

Mengutip sambutan dari Menteri Informasi dan Komunikasi selaku Irup Kolonel Inf Jefson Marisano menyampaikan bahwa, pada tanggal 20 Mei 1948, Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Bodi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Perkumpulan Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Organisasi ini didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908. Kelahiran organisasi ini menjadi pelopor terciptanya organisasi pergerakan lain di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Alasan pemilihan Harkitnas pada hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo dikarenakan pada masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, melalui semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo, diharapkan bisa menjadi kekuatan untuk mencegah perpecahan bangsa Indonesia saat masa Kebangkitan Nasionalisme saat itu.

Adapun Tema peringatan Harkitnas tahun ini adalah _*“Ayo Bangkit Bersama"*_. Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang dan turut berefek di segala sendi kehidupan.

Upacara peringatan Harkitnas kali ini diikuti oleh para Wakil Kepala Balakdam II/Swj, para Pabandya, para Pabanda, perwakilan para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Kodam II/Swj Garnizun Palembang.

Upacara Harkitnas ditandai dengan Pengibatan Bendera Merah Putih, Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Pengucapan Sapta Marga dan Pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Sumber : Pendam ll Sriwijaya

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre