Breaking News

HIPMI NTT Tularkan Ilmu Kewirausahaan Kepada Mahasiswa UKAW Kupang

 


KUPANG. FIGURNEWS- Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) NTT dengan insiatif sendiri mendatangi lembaga Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang. 

Tujuan kehadiran jajaran HIPMI NTT ini berbagi ilmu dan mengajak para mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Lulusan Perguruan Tinggi jangan lagi berorientasi menjadi ASN tetapi menjadi Wirausahawan sukses kedepannya.

Ketua BPD HIPMI NTT, M. Iksan Darwis saat acara seminar di UKAW Kupang, Selasa (31/5/2022) menjelaskan soal sejarah HIPMI alasan kenapa dibentuk organisasi ini.

Dikatakan Iksan,  HIPMI ini merupakan organisasi dimana para pengusaha berhimpun dengan batasan umur dari 18-41 tahun untuk mengajak kaum muda mau menjadi pengusaha.

 HIPMI didirikan tahun 1972 oleh ketua umum pertama Abdul Latif bersama rekannya karena saat itu belum banyak kaum muda menjadi pengusaha. 

Dasarnya adalah karena sukses dan maju negara dilihat dari besarnya pertumbuhan pengusaha. Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia  3,4 persen jika populasi manusia Indonesia 290 juta maka jumlah pengusaha 8 juta jiwa. 

"Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia 5 persen, Singapura 7 persen, Vietnam 13 persen dan Thailand 12 persen. Jika mau negara ini maju maka dibutuhkan 12-13 persen pengusaha," katanya.

Untuk itu, kata Iksan, saat ini BPD HIPMI NTT hadir di Universitas Kristen Artha Wacana untuk memberikan seminar kewirausahaan sekaligus mengajak  mahasiswa yang juga kaum muda jika lulus di PT lalu mau menjadi pengusaha.

"Mahasiswa bisa buka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Memang waktu diatur sendiri. Tapi seorang pengusaha itu punya kiat sendiri yaitu disiplin, mental kerja keras, dan ini wajib ditanamkan pada diri seorang pengusaha," beber Iksan.

Iksan menyampaikan mereka  siap membantu memberi pelatihan dan bekal apa saja untuk para mahasiswa sehingga kelak bisa berfikir menjadi pengusaha muda atau berwirausaha.

"Kita juga akan Lantik pengurus  melalui HIPMi Perguruan Tinggi. Dari wadah ini kita bisa berkomunikasi memberikan pelatihan," tandas Iksan.

Sementara Wakil Rektor IV UNKRIS Kupang, Dr. Ir Godlief F. Neunufa MT mengatakan, sangat salut dengan HIPMI NTT yang berinisiatif hadir untuk menularkan hal positif bagi mahasiswa UNKRIS. 

Seperti diketahui bahwa saat ini pemerintah tidak lagi membuka peluang untuk tes CPNSD bergeser ke P3K. Maka dari itu pola berpikir dirubah secara total. 

"Saya setiap kali kegiatan selalu saya  pesan kepada para mahasiswa bahwa jika hari ini berfikir tentang ijazah lalu dipakai masuk keluar kantor melamar pekerjaan maka mulai saat ini harus dirubah," tegasnya.


Yang paling betul sekarang adalah bisnis. Orang bicara bisnis diawali dengan modal besar tentu tidak semuanya benar. 

Saat ini BPD HIPMI NTT merubah cara berfikir baru apalagi pengurus merupakan kaum muda sehingga diharapkan dari bekal pengetahuan yang diperoleh bisa menjadikan mahasiswa UKAW melek terhadap kewirausahaan. 

Menurutnya Ini awal yang baik dan kedepan di setiap program studi ada program kewirausahaan. Bisa dilanjutkan juga  MoU antara HIPMI dengan UKAW bisa dilakukan di lembaga ini," pungkasnya.(ER).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre