Breaking News

Hari Pertama MTQ ke- XL di Kecamatan Palupuh, Babak Penyisihan Perlombakan Berbagai Cabang


Agam | Figurnews.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-40 tingkat Kabupaten Agam di Kecamatan Palupuh babak penyisihan sudah berlangsung pada Jum’at (27/5/2022).

Musabaqah diselenggarakan dalam 2 (dua) babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, kecuali untuk Cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ) diselenggarakan dalam 3 (tiga) babak, yaitu penyisihan, semi final dan final.

Pada hari pertama ini dilaksanakan babak penyisihan untuk beberapa cabang lomba, yaitu:

Cabang Hafalan Al Qur’an terdiri atas : golongan 1 Juz dan 5 Juz Tilawah , golongan 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah, serta golongan 10 Juz dan 20 Juz. Cabang Tilawah terdiri atas : golongan Tilawah Taman Kanak-Kanak dengan materi Al-Qur’an Juz 1 yaitu hafalan Surah Al Faatihah mulai Dari Surah Al Fiil sampai Surah An Naas dan 10 buah surah Juz ‘Amma dengan durasi maksimal 15 menit (untuk dua materi).


Golongan Tilawah Anak-anak Juz 1 s.d Juz 10 dan durasi penampilan 7 s.d 8 menit. Golongan Tilawah Remaja dengan materi bacaan Juz 1 s.d Juz 20 dan durasi penampilan 8 s.d 9 menit. Golongan Tilawah Dewasa dengan materi bacaan Juz 1 s.d Juz 29 dan durasi penampilan 9 s.d 10 menit. Cabang Seni Kaligrafi Al Qur’an Musabaqah Cabang Kaligrafi Al Qur’an yaitu jenis lomba yang menekankan kepada kaidah khath, keindahan dan kebenaran kaidah rasam Ustmani.


Cabang Tartil Qur’an yaitu jenis lomba yang menekankan segi bacaan secara tartil dengan irama dan suara yang baik secara murattal. Cabang Fahmil Qur’an yaitu musabaqah dengan materi yang berorientasi kepada kurikulum Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan pemahaman al-Qur’an. Cabang Syarhil Qur’an yaitu setiap regu /group membawakan satu judul yang disajikan dalam 3 bentukan (Pembacaan ayat Al Qur’an yang berhubungan dengan topik secara hafalan dan mujawwad, Pembacaan terjemah secara puitisasi tanpa teks, dan Menguraikan/syarahan  tentang  maksud  ayat  yang  berhubungan  dengan judul secara bebas tanpa teks)

Cabang Tafsir Qur’an Golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan durasi Penampilan lebih kurang 15 menit. Cabang Khutbah Jum’at dengan Topik dan Judul Khutbah yaitu Peranan keluarga dalam Pembentukan Generasi Muda Islam yang Unggul, Ibadah Shalat Penyelamat Generasi Muda dari Kehancuran, Potensi Wakaf dalam Pembangunan Umat, dan Membumikan Islam Rahmatan Lil’aalamiin di NKRI.

Cabang Kitab Standar, kitab yang dibaca adalah kitab I’natuth Thalibin Juz 2, Bab Shalatul Jama’ah sampai akhir Bab Zakat pada Halaman 1 s.d 218, Lama penampilan maksimal 20 menit. Cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ) dengan judul tulisan mengacu pada tema besar diantaranya Menghadapi Musibah Pandemi Covid-19 Perspektif Al Qur’an dan Moderasi Beragama Perspektif Al Qur’an.

Cabang Hafalan Hadits terdiri 2 jenis yaitu, golongan  hafalan Hadits dengan Sanad dan golongan hafalan Hadits tanpa Sanad Cabang Bintang Qasidah Golongan Anak-Anak, Golongan Remaja, Golongan Dewasa. Cabang Qiraat Al-Qur’an terdiri dari 2 jenis yaitu, golongan Qiraat Mujawwad Al Qur’an dewasa dan golongan Qiraat Murattal Al Qur’an remaja.

Perlombaan digelar di 16 titik yang tersebar di 4 Nagari yang berada di Kecamatan Palupuah, yakni Nagari Koto Rantang, Nagari Pasia Laweh, Nagari Pagadih dan Nagari Nan Tujuh.

Acara yang dibuka dengan meriah pada hari Kamis (26/5/2022), sudah berlangsung sejak hari ini dan akan dilanjutkan selama 3 hari kedepan.

“Khusus untuk cabang lomba Tilawah Dewasa akan disiarkan langsung pada kanal youtube Diskominfo Agam pada pukul 20.00-selesai setiap harinya mulai dari babak penyisihan, semifinal, dan final,” tutup siaran pers Diskominfo Agam.(Kominfo)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre