Breaking News

Buya Mahyeldi Buka MTQ ke – XL Agam, Bupati AWR : MTQ Nasioanal Agam Momentum Mari Mengaji


Agam, Palupuh, Figurnews.com -- 

MTQ Nasional ke – XL Kabupaten Agam resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah. Pembuakaan ditandai dengan pemukulan bedug bersamaan dengan Bupati Kabupaten Agam, H. Andri Warman, Kamis 26 Mei 2022 di Kecamatan Palupuh.

Dalam Kata Sambutannya, Buya Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada Bupati Agam atas cita citanya membentuk 1 (satu) Jorong 1 (satu) Rumah Tahfiz. Agam memiliki cita-cita yang luar Biasa untuk menghadirkan Al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat. Al-Qur’an adalah landasan kehidupan masyarakat terutama di Minang kabau, dengan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

“Rumah Tahfiz adlah upaya menghadirkan Al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat agar baldatun thoyyibatun warabbun ghofur dapat dirasakan, dilihat dan nikmati. MTQ Agam adalah momentumnya semangat rumah Tahfiz dan membumikan Al-Qur’an dimasyarakat”, ungkap Buya Mahyeldi.

Sebelumnya Bupati AWR menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa MTQ Agam sangat penting dilaksanakan untuk menumbuhkan kecintaan umat pada Al-Qur’an, mendukung gerakan Agam Madani dan menciptakan SDM yang unggul, profesional, dan bermental Qur’ani.

“Saat ini Agam  memiliki hampir 200 Rumah Tahfiz dan kita berupaya mendorong mengembangkan Rumah Tahfiz sebanyak 500 Rumah Tahfiz dengan 1 jorong 1 Rumah Tahfiz”,  harap H Andri Warman.

“untuk pengembangan Rumah Tahfiz tersebut kami telah MoU dengan Kankemenag dan MUI dalam mengembangkan baca tulis Al-Qur’an bagi generasi di Kabupaten Agam”, imbuh Bupati AWR.

Pembukaan MTQ Nasional ke-XL tingkat Kabupaten Agam diikuti oleh seluruh kafilah dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam sebanyak lebih dari 1000 Orang. Berdasarkan keterangan yang disampaikan Sekdakap Agam, Edi Busti selaku ketua LPTQ bahwa MTQN Agam selain ajang kompetensi  juga dapat mendorong kafilah lebih intens berlatih dan belajarmengasah skilnya sehingga bisa memberi kontribusi meraih prestasi lebih tinggi ditingkat Sumatera Barat yang bakal di gelar di 2023 di Kabupaten Solok Selatan. (Fuad)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre