Breaking News

Bupati Pasaman H Benny Utama Membuka LuSi Fest 2022



Pasaman(Sumbar) figurnews.com

Bupati Pasaman H. Benny Utama membuka Lubuk Sikaping Festival (LuSi Fest) di Gedung Olah Raga Tuanku Imam Bonjol Pelataran Timur Kecamatan Lubuk Sikaping, Sabtu (07/05/2022).

Nina Damayanti yang merupakan Camat Lubuk Sikaping selaku Panitia Pelaksana dalam sambutannya menyampaikan dalam acara Lubuk Sikaping Festival (LuSi Fest) Tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 7s.d 10 Mei 2022 yang dilaksanakan di 2 (Dua) Lokasi yaitu Gelora Tuanku Imam Bonjol pada tanggal 7-8 Mei 2022 dan Surau Lamo Nagari Jambak pada tanggal 9-10 Mei 2022.

Kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakan yang akan menampilkan nilai budaya yang ada di tiap tiap nagari berupa Randai, Silat, Tari, Dikipano, serta kesenian tradisional yang lainnya, serta lomba masak air tawar. Selain penampilan Kesenian Tradisional dalam acara LuSi Fest ini juga membuka Stand Pameran untuk menghidupkan perekonomian Pasaman.

Edi Utama Budayawan Sumatera Barat yang merupakan anak nagari Pasaman dalam sambutannya mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Kabupaten Pasaman yang telah ditanamkan oleh para leluhur.

Nilai-nilai budaya ini yang kemudian dikemas menjadi sebuah ikatan dalam bentuk festival. Makna lain dari festival ini adalah silaturahmi antara masyarakat di Kabupaten Pasaman untuk melestarikan budaya.

H Benny Utama dalam sambutannya menyampaikan Festival ini memiliki peran penting untuk mengkampanyekan pelestarian budaya serta pelestarian lingkungan demi pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Diharapkan dengan festival ini ada dampak positif bagi lestarinya seni budaya. Serta berkembangnya usaha-usaha produk kuliner lokal, dan kemajuan sektor pariwisata. 

Bupati berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. Selain mendukung pelestarian seni budaya  ini juga dapat menjadi agenda wisata yang dapat menarik wisatawan lokal maupun asing tutupnya.

Pantauan media figurnews.com yang hadir dalam acara ini Wakil Bupati Pasaman, Forkompincab, Budayawan Edi Utama, Ketua GOW Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Dapil 1, Ninik Mamak Se Kecamatan Lubuk Sikaping, Wali Nagari Se Kabupaten Pasaman, Ketua Bamus Se Kabupaten Pasaman, Ketua LPM Nagari se Kecamatan Lubuk Sikaping, TP. PKK Nagari, Bidan Desa, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kandung, pemuda serta para perantau yang ikut menyaksikan pembukaan ini.(Erik Takana)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre