Breaking News

Bupati dan Wabup Dengar Laporan Akhir Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian bersamaan hadir untuk mendengarkan paparan Laporan Akhir Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar 2022 - 2025 oleh Tim Tourism Development Center (TDC) Andalas University dipimpin Heru Aulia Rahman, Selasa (17/5/2022) di Indojolito Batusangkar. 

Dikatakan Heru dalam paparannya, setidaknya ada tiga output yang ingin dicapai dalam rancangan itu diantaranya, melahirkan rancangan induk pembangunan kepariwisataan, peta zonasi pariwisata dan melahirkan naskah dan draft rancangan Peraturan Daerah Tanah Datar tentang Kepariwisataan. 

Sedangkan untuk objek wisata, tambah Heru, Tanah Datar memiliki 4 jenis kepariwisataan yang berpotensi untuk dikembangkan. 

"Tanah Datar memiliki Wisata Adat dan Budaya, Wisata Alam, Wisata Minat Khusus dan Wisata lainnya yang sangat beragam dan memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD)," terangnya. 

Heru juga memaparkan hasil observasi kondisi amenitas (fasilitas diluar akomodasi) dan aksesibilitas (ukuran kemudahan dalam melakukan perjalanan) komponen wisata Tanah Datar. 

"Dalam aksesibilitas meski kondisi jalan cukup baik, namun beberapa titik kondisi jalan rusak. Angkutan umum tidak tersedia, hanya mengandalkan ojek, serta beberapa destinasi wisata masih kurang bahkan tidak memiliki petunjuk arah. Sedangkan Amenitasnya, belum semua objek wisata memiliki pojok kuliner, cindera mata, bahkan tidak memilki toilet," ungkapnya. 

Tentunya, ungkap Heru, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pariwisata di Tanah Datar, butuh dukungan Pimpinan Daerah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre