Breaking News

Anggota DPRD Padang Lakukan Reses Untuk Menampung Aspirasi Rakyat Masa Sidang II Tahun 2022

 


Padang, Figurnews.com- Anggota DPRD Kota Padang kembali melaksanakan reses untuk bersilaturahmi dan menjemput aspirasi warga kota. Reses pada masa sidang II tahun 2022 tersebut dilaksanakan pasca Idul Fitri, dimulai dari 10-15 Mei 2022.

Ketua DPRD Kota Padang Syahrial Kani mengatakan, reses atau masa reses adalah masa di mana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. 

"Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok. Masa reses ditiadakan pada persidangan terakhir dari satu periode keanggotaan DPR," katanya.

Syafrial Kani sendiri diketahui melaksanakan reses di beberapa tempat di Kota Padang. Kedatangan Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Kuranji-Pauh selalu dinantikan konstituennya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana juga diketahui melaksanakan reses di beberapa titik lokasi. Pada Jumat, 13 Mei 2022, Ilham Maulana melaksanakan reses di Kelurahan Andalas Kecematan Padang Timur. 

Tak hanya itu, Ilham Maulana juga menggelar reses di Pantai Padang untuk menjemput aspirasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di daerah itu.

Pada Sabtu, 15 Mei 2022, Ilham Maulana juga menggelar reses untuk menyerap aspirasi masyarakat Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan.
Sementara itu, anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif turun menjemput aspirasi masyarakat Sawah Laiang RW 04, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Rabu (11/5) malam.



Ahlusunnah Keluran Gunung Sarik Kecamatan Kuranji. Pada kesempatan itu, berbagai aspirasi disampaikan warga, diantaranya tentang pembangunan mushalla, irigasi yang tersumbat, bahu jalan dari SMP 18 sampai Simpang Rambutan, pengecoran jalam 200 meter di belakang DLH, bantuan untuk MTI, dan bantuan untuk kongsi Kematian.

"Ini adalah awal dari pertemuaan kita, insya Allah apa yang diusulkan tadi menjadi pedoman bagi pemerintah dalam menyusun RKPD, karena hasil reses ini diakhir masa sidang akan di berikan kepada walikota Padang," katanya.

Berbeda dengan kebanyakan anggota dewan yang cenderung menyerap aspirasi masyarakat saat melakukan reses ke Dapilnya, namun anggota DPRD Kota Padang Dapil Pauh-Kuranji dari Partai Berkarya Zalmadi Malin Basa justru memfokuskan eksekusi dari program-program pemberdayaan masyarakat yang telah dihimpunnya selama ini.

"Ya, reses kita kali ini tidak lagi menyerap aspirasi masyarakat, tapi mengeksekusi aspirasi yang telah ditampung selama ini," tegas Zalmadi.


Sementara itu, anggota DPRD Kota Padang, Dasman menjemput aspirasi masyarakat Kampuang Tanjuang Cupak Tanggah Kecamatan Pauh dengan menggelar hiburan rakyat, Ahad, 15 Mei 2022.

Berbagai penampilan seni budaya dan hiburan orgen lagu Minang meriahkan agenda reses II Ketua DPC PPP kota Padang ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Dasman menyerap aspirasi masyarakat yang disampaikan oleh tokoh masyarakat, ninik mamak dan ketua RW serta LPM.


Adapun usulan yang sangat penting disampaikan adalah tentang jalan penghubung Cupak Tanggah ke Kampung Duri  hingga jalan kampus.

Selain itu, warga juga menyampaikan usulan untuk transparansi bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu. 

Di sisi lain, anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakfar menggelar reses masa sidang II tahun 2022 di Para Rumbio Kelurahan Sungai Sapih Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Ahad, 15 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, Jakfar menegaskan, dirinya siap mensuport setiap kegiatan yang ada di tengah-tengah masyarakat di Sungai Sapih.

"Alhamdulillah, kami masing-masing anggota dewan bisa mengusulkan pokok-pokok pikiran (Pokir) sebesar Rp2,5 miliar," kata Jakfar yang juga Sekretaris DPD PKS Kota Padang ini.



Sementara itu, Lurah Sungai Sapih DR. Yunis Marni mengaku, 50 persen dana Pokir anggota dewan melalui Jakfar dicurahkan di Kelurahan Sungai Sapih.

"Alhamdulillah kita di Sungai Sapih memiliki anggota dewan langsung, yaitu Pak Jakfar," katanya. *


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre