Breaking News

Wawako Dan BPOM Padang Tinjau Pasar Pabukoan dan Pasar Raya


Solok Kota ,Figur news .com -

Guna menjamin kualitas makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM bersama Tim Koordinasi dan Tim Teknis Pegawasan Obat dan Makanan Kota Solok serta Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang melakukan peninjauan Pasar Pabukoan dan Pasar Raya Solok, pada Selasa (05/04/2022) bertempat di Jalan Cengkeh dan Pasar Raya Solok.

Peninjauan tersebut selain untuk menjamin kualitas makanan bagi masyarakat selama pelaksanaan ibadah Ramadhan, juga melakukan monitoring dan pengawasan makanan di Pasar Raya Solok dan mini market yang ada di Kota Solok.

Pengawasan dilakukan terhadap waktu kualitas pangan segar, daging, ikan, sayur sayuran dan takjil, serta waktu kadaluarsa produk makanan yang ada di mini market yang ada di Kota Solok.

Monitoring dan pengawasan makanan ini untuk mendapatkan data yang valid mengenai kualitas bahan makanan, Pemerintah Kota Solok melakukan kerjasama pengawasan dengan BPOM Provinsi Sumatera Barat, di bawah koordinir Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Sumbar, Antoni Asdi.

Dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, M. Safni menyampaikan bahwa, “kegiatan ini untuk melindungi masyarakat Kota Solok dari kemungkinan mengkonsusmsi bahan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya”.

“Dengan pelaksanaan kegiatan ini, kami berusaha melindungi masyarakat Kota Solok agar terhindar dari makanan yang mengandung zat berbahaya seperti borax, atau zat pengawet lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Sumbar, Antoni Asdi menyampaikan pengawasan terhadap bahan makanan di Kota Solok, dilakukan dengan cara pengambilan sampel bahan makanan dan diuji pada mobil laboratorium yang dimiliki BPOM.

“Sampel makanan yang telah kita ambil tadi akan diuji kandungannya di mobil lab, apakah ada yang mengandung zat-zat berbahaya atau tidak, setelah melakukan pengambilan sampel makanan di Pasar Raya Kota Solok, tim pengawasan melakukan monitoring terhadap makanan di mini market yang ada di Kota Solok. Monitoring dilakukan dengan melakukan pendataan terhadap expired date atau tanggal kadaluarsa, serta pengawasan terhadap makanan yang tidak memiliki izin produksi.

Pada kesempatan ini tim pengawasan juga memberikan edukasi kepada pemilik mini market tentang tata cara pemusnahan makanan yang telah habis tanggal kadaluarsanya. “Makanan yang telah kadaluarsa harus dikeluarkan dari kemasan dan dibuang ke tempat yang aman,” ungkapnya. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre