Breaking News

Serbuan Pengemis Bulan Ramadhan, Satpol-PP Tingkatkan Volume Patroli

Kasat POLPP Provinsi Sumatera Selatan Aris Saputra dan Kasi penegakan peraturan (Perda) Muhammad Yanuar

Palembang, Figurnews.com,-

Pada bulan Ramadhan serbuan Pengemis Meningkat khusus nya di persimpangan jalan, untuk itu pemerintah provinsi Sumsel melalui satuan polisi pamong praja meningkatkan volume Patroli.

Kasat PolPP Provinsi Sumatera Selatan Aris Saputra di dampingi Kasi penegakan peraturan (Perda) Muhammad Yanuar mengatakan bahwa serbuan Pengemis pada dasarnya sudah dijadikan tradisi terutama pada bulan Ramadhan dan juga menjelang hari raya idul Fitri. 

"Saya bersama dengan Polpp kabupaten kota juga akan mengantisipasi dengan meningkatkan volume Patroli,"Katanya saat ditemui dikantornya, Kamis (07/04/2022).

Untuk melakukan penertiban lanjut Aris, Pihaknya merangkul dinas sosial agar bagi pengemis dan anak jalanan yang sudah tertangkap akan dilakukan pembinaan oleh dinas sosial.

"Kami juga akan mengajak dinas sosial karena ketika mereka diamankan atau ditertibkan mesti harus ada penampungan," Ucapnya

Menurutnya pembinaan harus konferensif jika kita berikan sanksi, untuk melakukan pembinaan bukan tugas dari PolPP tapi tugas dari dinas sosial. Namun dinas sosial sendiri merasa Kewalahan karena jumlah pengemis yang cukup banyak

Maka dari itu pihaknya hanya mengamankan saja dan di kembalikan kepada keluarganya, namun sayangnya dari para pengemis ini tidak memiliki epek jera. Untuk itu pihaknya sedang melakukan koordinasi agar masalah pengemis ini segera teratasi.

"Nah ini memang harus ada formula strategi yang betul-betul harus dilakukan secara berkelanjutan dan sinergi dengan OPD atau dinas terkait lainnya baik provinsi maupun di kota,"bebernya.

Kemudian lanjut Aris, Pengemis ini jadi eksodus mereka akan datang secara bergerombol, berkelompok, tugas kita mengamankan setelah itu di kembalikan ketempat asalnya, inilah yang membuat dari para pengemis ini tidak jera.

"Tapi intinya Polpp mulai dari tingkat Provinsi maupun Kabupaten kota akan meningkatkan frekuensi untuk menertibkan pengemis yang berkeliaran di simpang lampu merah, dan akan saya sampaikan juga di kabupaten," tegasnya

Ia juga menghimbau Untuk Para Pengemis maupun Anjal agar tidak meminta-minta di jalanan karena bisa berepek luas seperti kecelakaan dan yang pasti sudah melanggar Perda no 2 tahun 2017.


Ia juga mengingatkan bagi pengguna jalan yang memberi pengemis agar tidak dilakukan, jika tertangkap tangan akan ada sanksi tegas mulai dari denda uang hingga kurungan

"Bagi mereka yang ketangkap tangan maka akan di tindak tegas. Denda unag sampai 50 juta dan kurungan selama enam bulan," ucap Aris. (Fera)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre