Breaking News

Sempat Vakum Akibat Pandemi, Bazar Ramadhan KKP Berjalan Sukses


JAKARTA  - FIGURNEWS.COM - (9/4) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sukses menggelar "Bazar Ramadhan 2022". Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, 7 dan 8 April di parkiran dan lobi Gedung Mina Bahari (GMB) III ini berhasil menarik animo para pegawai yang berkantor di Jalan Medan Merdeka dan sekitarnya.

Pemilik UMKM Rumah Abon, Bandung, Johan mengaku bisa menjual banyak produk selama 2 hari kegiatan bazar. Dagangannya yang terdiri dari abon, udang krispi, teri dan krupuk, terjual hingga 134 pack. "Alhamdulillah, bisa pulang ke Bandung sambil senyum ini," ujar Johan saat menceritakan kesannya mengikuti "Bazar Ramadhan 2022" kemarin.

Sama halnya Tinuk Rahayu, pemilik UMKM Batandu Abadi Indramayu ini meraup omzet yang menggembirakan dari jualan udang dan ikan segar selama 2 hari. Sempat pesimistis, dia justru kaget saat dagangannya sudah habis sekitar pukul 09.00 WIB saat hari pertama. Kemudian di hari kedua, 150 kg udang segar yang dia bawa dari Indramayu ludes terjual.

"Sempat tidak yakin pas mau berangkat bawa 70 kg udang, tapi ternyata jualan sudah habis bahkan sebelum dibuka sama Bu Menteri. Jadi langsung ngirim lagi," katanya tertawa.

Kesan serupa disampaikan Kismi Sardiman. Pemilik UMKM Hanada, Bogor ini mengatakan hampir semua jualannya yang berupa aneka krupuk dan baby fish diborong oleh pembeli.  "Semoga ini bukan terakhir dan bisa dilaksanakan secara rutin," tutur Kismi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pun menyambut positif bazar kali ini. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa jadi momentum setelah lama vakum akibat pandemi Covid-19.

Melalui kegiatan ini, Menteri Trenggono mengajak masyarakat, khususnya para pegawai di sekitar KKP bangga dengan produk Indonesia atau produk UMKM.

"Setelah lama tidak ada bazar, 2 tahun vakum, 2022 ini Insya Allah (pandemi) sudah melandai, kondisi sudah membaik, kita bisa gerakkan kembali UMKM kita," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, usai berbelanja di "Bazar Ramadhan 2022", Kamis lalu (7/4/2022).

Sementara Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti berterimakasih atas tingginya animo masyarakat terhadap kegiatan ini. Dia mendorong dinas perikanan di daerah untuk menggelar kegiatan serupa. 

"Ini terbukti efektif, UMKM kita senyum, masyarakat juga senang berbelanja. Semoga teman-teman dinas di daerah juga rutin menggelar bazar UMKM," terang Artati.

Pada bazar kali ini, sebanyak 39 produk ikan segar dan olahan dijual dengan harga terjangkau. Kegiatan makin berwarna dengan hadirnya produk pakaian hingga kerajinan dari mutiara laut.

"Total ada 53 UMKM yang kita undang untuk berjualan secara gratis selama dua hari," sambung Artati.

Ke depan, Artati tak menutup kemungkinan kegiatan ini akan digelar secara rutin dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Terlebih sebelum pandemi, KKP selalu mengadakan bazar di pekan kedua setiap bulan. 

"Kita lihat nanti perkembangan pandemi," tutupnya.

HUMAS DITJEN PDSPKP

(Deva)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre