Breaking News

Sekolah Terkesan Tidak Terurus, Diduga Kepsek SDN 274 Muara Delang Menyimpangkan Dana BOS

 


MERANGIN, Jambi Figurnews.com – Bantuan Dana BOS yang diturunkan pemerintah pusat melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), tujuannya untuk memenuhi standar layanan, minimal proses kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan dasar khususnya di bidang sarana dan prasarana.

SDN 274 Muara Delang II yang berada di Desa Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Jambi, merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan dana BOS setiap tahunnya, namun sangat disayangkan informasi yang beredar di seputar sekolahan sarana dan prasarana di sekolah ini sangat memprihatinkan .

Dugaan tersebut dilihat dari hasil penelusuran awak media di lapangan, Jumat (1/4/22) dimana terlihat keadaan gedung sekolah selain bangunan DAK sangat memprihatinkan, cat dinding kelas banyak yang mengelupas, plafon kelas jebol, bahkan beberapa jendela lokal sekolah tidak ada kaca, hanya kawat saja, sehingga debu-debu bisa masuk ke ruang lokal sekolah kapan saja.

Padahal sudah dijelaskan dalam Permendikbud No 6 Tahun 2021 tentang Petujuk teknis JUKNIS Bantuan Operasional Sekolah BOS Reguler tahun 2021 itu sudah jelas anggaran dari pemerintah pusat maupun kabupaten (APBN/APBD)

Hasil monitor Ketua LSM HAM Indonesia, Kabupten Merangin, Larisman Sinaga pada hari tersebut Jumat (1/4/22) meninjau langsung keadaan Sekolah guna monitor control dan bertanya pada warga masyarakat, yang berada diseputaran sekolah, dan dari hasil turun kelapangan mencari informasi menurut penyampaian masyarakat bahwa sudah lama terlihat keadaan sekolah seperti demikian.

“Ya tadi kami sudah mewawancarai beberapa warga sekitar sekolah ini, menurut penuturan salah satu warga jumlah murid di SDN 274 Muara Delang ini sangat banyak, dan tentunya anggaran dana BOS juga besar, tapi kenapa sekolah ini sangat semrawut dan terkesan tidak terawat, yang nampak bagus cuma bangunan DAK saja, karena masih baru, kalau bangunan induknya terkesan tidak ada perawatan, untuk itu kami dari LSM HAM Indonesia akan segera menindak lanjuti dan bilamana terbukti adanya pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang dari oknum kepala sekolah, akan melaporkan permasalahan ini kepada APH dan instansi terkait serta Dinas pendidikan,’’ demikan ucap Larisman.

Terkait dengan hal tersebut, guna memintai keterangan, media ini mencoba menghubungi Kepala SDN 274 Muara Delang yakni Sutrisno, melalui sambungan telepon selulernya, namun yang bersangkutan enggan mengangkatnya meski nada tunggunya berdering.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre