Breaking News

Satlantas Polres Kediri Kota Lakukan Antisipasi Arus Mudik Lebaran.

 Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP. PandriPratama Putra Simbolon

Kediri Kota, Jatim figurnews.com.– Berbagai upaya dan cara  Satlantas Polres Kediri Kota.,menyiapkan sejumlah cara untuk mengantisipasi arus mudik lebaran 2022.

Ketika ditemui awak media pada Selasa (19/4/2022), Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP. Pandri Pratama Putra Simbolon, mengatakan ada beberapa upaya yang telah disiapkan.

Disampaikanya, bahwa menjelang operasi ketupat pihaknya mengincar kendaraan yang tidak sesuai spektek. “Razia ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas saat malam takbiran,” terang AKP. Pandri.

Lanjut AKP Pandri, untuk persiapan lainnya pihaknya juga sudah mempersiapkan pos pelayanan yang berada di alun-alun, dan pos pengamanan , di seputaran Kota Kediri.

“Satu pos pelayanan di alun-alun dan tujuh pos pengamanan, Itu nanti tanggung jawab masing-masing Polsek untuk pelaksanaan pos pam nya,” ujar AKP Pandri.

Ada dua titik yang perlu dilakukan antisipasi khusus, yaitu simpang Mrican, dan alun-alun. 

Diketahui keduanya merupakan jalur yang rawan terjadi kemacetan. 

AKP. Pandri menyebut pihaknya telah membuat rekayasa lalulintas supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“Untuk antisipasi jalur macet yaitu simpang Mrican, dan alun-alun, kami sudah membuat Meme. 

Meme itu semacam himbauan yang nantinya dibagikan lewat media sosial, misalnya WhatsApp story, Insta story ataupun iklan. Jadi masyarakat bisa mengetahui jalur alternatif,” ungkap AKP Pandri.

Lebih lanjut, dikatakan AKP Pandri untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya telah mengambil langkah preventif dengan melakukan pembatasan masuk akses kota terhadap kendaraan roda enam ke atas.

“Selama Operasi Ketupat yang dimulai pada tanggal 28 April 2022, nantinya untuk kendaraan roda enam ke atas dimulai pukul 06.00 WIB s/d 22.00 WIB tidak bisa untuk masuk ke akses dalam kota. Nanti kita saring di simpang empat alun-alun dan Semampir,” jelasnya.

“Kecuali untuk masalah faktor kritikal contohnya kendaraan pengangkut BBM, bahan pokok, kesehatan, dimana yang tertuang dalam Inmendagri kami perbolehkan untuk melintas,” imbuhnya.

Tidak adanya mudik selama dua tahun kemarin, kata Pandri, memiliki efek terhadap kepadatan atau kemacetan yang akan terjadi nanti.

“Diprediksi untuk volume kendaraan di mudik tahun ini mengalami peningkatan. Dari Korlantas Polri menyebutkan 150 persen akan meningkat dari dua tahun kemarin,” kata AKP Pandri.

Dengan prediksi kendaraan yang mendominasi selama mudik lebaran nanti adalah mobil pribadi, AKP Pandri memberikan himbauan kepada para calon pemudik untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

“Himbauan kami kepada para pemudik, pastikan dulu peraturan untuk administrasi kendaraan nya lengkap. Kedua, pastikan bahwa semua barang kendaraan Anda aman termasuk diri Anda juga,” ucapnya.

“Dan himbauan terpenting hati-hati di jalan, ingat keluarga Anda menanti di rumah,” demikian disampaikan Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP. Pandri Pratama Putra Simbolon. 

(Rudy P)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre