Breaking News

Rugikan Negara Setengah Miliar, Kepala BPPD Kota Palembang Laporkan WP Ke Polisi


Palembang, Figurnews.com,-

Wajib Pajak (WP) diduga manipulasi data sehingga mengakibatkan kerugian negara Setengah Miliar lebih, mengetahui hal tersebut Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang Herly Kurniawan Laporkan ke Polrestabes Palembang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPPD Kota Palembang saat ditemui diruang kerjanya,Jum'at (22/04/2022).

Berdasarkan keterangan Herly diketahuinya adanya dugaan Manipulasi data oleh WP tersebut, Berawal dari WP ingin menerbitkan kembali PBB yang mati, Ketika di cek Petugas ditemukan PBB tersebut ada tunggakan yang harus dibayar terlebih dahulu, Namun WP merasa keberatan membayar tunggakan.

Menurut WP sudah diselesaikan pada waktu pengurusan BPHTB, kemudian Petugas BPPD meminta bukti dokumen BPHTB yang dimaksud kepada WP,  WP memperlihatkan SSPD -BPHTB dimaksud, disanalah petugas mengetahui bahwa PBB yang digunakan untuk mengurus BPHTB menggunakan PBB yang lain bukan PBB atas tanah yang diurus.

"Kemaren kami temukan mengajukan luasannya tanah sebesar 1700 ternyata data sebenarnya 5000 lebih di lokasi yang berbeda," ungkapnya

Dokumen yang dipalsukan, Sertifikat yang telah dimodifikasi nama pemilik disesuaikan dengan PBB (dirubah) , luas lahan dirubah (dikurangi), sehingga perhitungan BPHTB menjadi kecil menyebabkan kerugian uang negara sebesar setengah milyard lebih.

Lebih lanjut jelas dia,Berdasarkan data yang diminta oleh Petugas BPPD ternyata dia merubah semua, mulai dari PBB dan luas lahan.  Sehingga proses di setujui oleh BPPD sesuai dengan luasannya. Dan dibayarnya, setelah bayar lunas maka keluarlah surat SSPD-BPHTB (Surat setoran pajak daerah Bea perolehan hak tanah dan Bangunan). 

"Setelah pembayaran keluarlah surat SSPD-BPHTB lalu dirubah dan dikembalikan lagi sesuai ukuran dan sertifikasi aslinya sebesar 5000 lebih dengan dirubahnya menggunakan di tulis tangan dan dicap menggunakan cap BPPD,"bebernya

Naasnya dia lanjut Herly,  WP ingin menghidupkan kembali PBB nya yang sudah mati dan petugas BPPD menemukan tunggakan yang cukup besar. Disanalah terungkap adanya dugaan Manipulasi data.

"Petugas Kita menemukan tunggakan yang besar,"ucapnya

Akibat perbuatan WP ini merugikan negara mencapai Setengah Miliar lebih, untuk menimbulkan epek jera dan agar tidak terjadi lagi Kepala BPPD Kota Palembang melaporkannya ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

"Atas perbuatannya Pemkot rugi 539 juta rupiah dan langsung saya laporkan ke Polrestabes Palembang hari ini,"tegas Herly

Bahkan sebelumnya WP meminta agar tidak dilaporkan ke pihak berwajib dengan berniat untuk mengganti uang negara sesuai besarannya. Namun Herly Kurniawan menolaknya.

"Dia meminta saya untuk tidak melapor ke Polisi dengan alasan untuk membayar sisa tunggakannya,tapi saya tolak," ujarnya

Dengan demikian Ia berharap agar kedepannya tidak adalagi WP yang nakal. "Saya berharap agar kedepannya menjadi contoh yang lain dan tidak ada lagi yang berani bermain-main soal uang negara,"harap Herly. (Fera)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre