Breaking News

Pesona Banggai Serumpun, Momen Bangkitnya Pariwisata di Tanah Banggai


BANGGAI, Figurnews.com- Setelah vakum akibat hantaman COVID-19, gelaran festival pariwisata di wilayah “Banggai Brothers”, sebutan akrab untuk tiga kabupaten serumpun; Kabupaten Banggai; Banggai Kepulauan (Bangkep); dan Banggai Laut (Balut); siap digiatkan kembali pada Agustus 2022 mendatang. Event pariwisata tersebut bertajuk Pesona Banggai Serumpun (PBS). 

Bupati Banggai Amirudin meyakini jika pesona wisata dan budaya di tiga kabupaten tersebut tidak kalah menarik dengan wisata di pulau lain di Indonesia. Hal itu disampaikan saat dirinya membuka rapat persiapan pelaksanaan PBS di Ruang Rapat Khusus Setda Kabupaten Banggai, Senin (4/4/2022).

Sebagai festival pariwisata berbasis kawasan, PBS akan menampilkan kekayaan khasanah budaya, kearifan lokal, serta destinasi yang beragam dari tiga kabupaten serumpun yang terletak di ujung timur pulau Sulawesi tersebut. 

Dalam pelaksanaannya, PBS akan menggabungkan beberapa festival pariwisata yang rutin digelar setiap tahun di wilayah Banggai Brothers, seperti Festival Teluk Lalong di Banggai, Festival Sea-sea di Bangkep, dan Festival Sasampe di Balut. 

“Kita menyambut baik kegiatan ini, apalagi sudah ada beberapa negara (wisatawan asing) yang ikut  mendaftar,” ujar Bupati Banggai. Hal ini menegaskan bahwa Banggai Bersaudara siap menggelar event pariwisata bertaraf internasional.

Di tengah pandemi COVID-19 yang diharapkan terus melandai, pengembangan wisata di tiga kabupaten bersaudara tersebut diyakini dapat kembali bergeliat.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Paiman Karto. Menurutnya, Dinas Pariwisata merasa perlu membuat sebuah event pasca pandemi COVID-19 sebagai titik tolak kebangkitan pariwisata di tanah Banggai.

Mengenai ide penggabungan beberapa festival ke dalam PBS, menurut Paiman relatif lebih hemat anggaran. “Kalau kita menyelenggarakan masing-masing event itu (secara terpisah), pendanaannya akan lebih besar. Tapi kalau berbasis kawasan tentunya akan lebih efisien,” tuturnya.

Dalam rapat persiapan tersebut, perwakilan masing-masing kabupaten memaparkan beberapa festival pariwisata andalan yang rutin diselenggarakan setiap tahun serta sejumlah kendala yang dihadapi. 

Pembukaan Pesona Banggai Serumpun akan digelar di Banggai Kepulauan. Sementara Kabupaten Banggai akan menjadi lokasi penutup rangkaian event PBS yang direncanakan  berlangsung selama 20 hari (10 s/d 30 Agustus 2022).

*Tim Liputan Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Banggai

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre