Breaking News

Kota Solok Terima Anugerah SAKIP dan RB Dengan Predikat B Dari Kemenpan RB


SOLOK KOTA,Figur news .com – 

Ditengah deraan pandemi COVID-19 ini, Pemerintah Daerah harus jeli dalam menciptakan inovasi-inovasi yang mampu membangkitkan gairah kerja disetiap OPD.

Inovasi yang diciptakan bukan hanya mampu menggerakkan gairah kerja aparatur sipil negara, tapi juga mampu meningkatkan akuntabilitas di sistem birokrasi pemerintahan.

Berkat inovasi ini, Kota Solok menerima anugerah SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan RB (Reformasi Birokrasi) dari Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Selasa (5/4/2022) secara virtual di E-Goverment Monitoring Room Balaikota Solok.

Anugerah SAKIP dan RB ini diserahkan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Prof. Dr. Erwan Agus Putranto.

Sekda Kota Solok Syaiful Rustam, Kepala Bappeda Kota Solok Desmon, Kepala Inspektorat Kota Solok Kenflika, Asisten III Marwis, dan Kabag Organisasi Hendrik didaulat menerima penghargaan ini.

Erwan mengajak Pemerintah Daerah untuk merubah mindset dalam mengelola sistem pemerintahan. Pemerintah tugasnya bukan sekedar menghabiskan anggaran semata, tapi memberikan manfaat bagi masyarakat atas kerja yang dilakukan.

“Yang kita butuhkan hari ini dan masa yang akan datang dan dimasa depan adalah memperkuat komitmen dan perbaikan berkesinambungan pada instansi pemerintah daerah,” tutur Erwan.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi perangkat daerah diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre