Breaking News

Kepsek SDN 292 Nilo Dingin II Diduga Tidak Benar Mampaatkan Dana Bos

 


MERANGIN, Jambi Figurnews.com  --- Sungguh miris wajah Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 292/VI Nilo Dingin II, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi, Kondisinya terkesan tidak terawat.

Hal ini diketahui Kepsek SD Negeri 292 Nilo Dingin II ini tidak melakukan perawatan ringan sekolah dan perbaikan ringan mobiler serta tidak terurusnya sanitasi.

Dari pantauan Wartawan Kongkrit Dan Figurnews.com dan LSM HAM Indonesia (12/4/22) kondisi gedung sekolah mengalami banyak kerusakan terlihat beberapa plafon dan jendela sisi ruang kelas yang hancur, bahkan terlihat juga Dak di sisi depan ruangan  sudah rusak parah tak terurus.

Diduga, pihak sekolah sejak beberapa tahun lalu tidak pernah melakukan rehab ringan untuk merawat gedung sekolah tersebut. 

Padahal, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan telah mengucurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk dipergunakan sebagai dana penunjang kegiatan belajar-mengajar di setiap sekolah di seluruh Indonesia.

Hasil monitor Ketua LSM HAM Indonesia, Kabupten Merangin, Larisman Sinaga bersama tim media Kongkrit pada hari tersebut Selasa  (12/4/22) meninjau langsung keadaan Sekolah guna monitor control dan bertanya pada warga masyarakat, yang berada diseputaran sekolah, dan dari hasil turun kelapangan mencari informasi menurut penyampaian masyarakat bahwa sudah lama terlihat keadaan sekolah seperti demikian.

"Ya tadi kami sudah mewawancarai beberapa warga sekitar sekolah ini, menurut penuturan salah satu warga jumlah murid di SDN 292 Nilo Dingin II ini cukup banyak, dan tentunya anggaran dana BOS juga besar, tapi kenapa sekolah ini sangat semrawut dan terkesan tidak terawat, untuk itu kami dari LSM HAM Indonesia akan segera menindak lanjuti dan bilamana terbukti adanya pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang dari oknum kepala sekolah, akan melaporkan permasalahan ini kepada APH dan instansi terkait serta Dinas pendidikan,’' demikan ucap Larisman.

Terkait dengan hal tersebut sangat di sayangkan oleh pihak  pihak Pemerintah desa.

Dijumpai di kediamannya, Selasa (12/4/22) Kepala Desa Nilo Dingin Ridwan mengatakan jika dirinya sangat prihatin dengan kondisi keadaan sekolah dalam desanya yakni SD Negeri  292/VI yang  sejak dijabat oleh kepala sekolah Suaji sejak dua tahun terakhir ini diduga tidak pernah melakukan perawatan sekolah, bahkan ketika di undang oleh pihak pemerintah desa dalam rapat Musrenbang tidak pernah hadir.

"Saya dengar muridnya sekitar dua ratus lebih, Dan kalau saya lihat kepsek yang sekarang ini tidak melakukan perawatan sekolah, beda jauh dengan kepsek yang sebelumnya, bahkan sekitar dua tahunan dia menjabat Setiap ada Musrenbang di undang tidak pernah ada yang datang," demikian kesal Kades.

Untuk itu diminta kepada Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin agar mengevaluasi kepala sekolah yang tidak bisa atau tidak mau merawat sekolah dengan anggaran dana Bos. Karena penggunaan dana bos telah diatur berdasarkan juknis dan juklis Bos terkait penggunaannya.

Terpisah, guna mengorek informasi, media ini berhasil menemui Korwil Kecamatn Lembah Masurai yakni Sudirman, ketika di konfirmasi di kediamannya Sudirman mengatakan jika dalam waktu dekat dirinya akan memanggil Kepala SDN 292 Nilo Dingin II yakni Suaji.

"Ya besok kami coba komunikasi dengan pak Suaji terkait hal tersebut," demikian kata Sudirman.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre