Breaking News

Kapolda Sumbar : Tidak Pandang Bulu terhadap siapapun yang Melanggar Hukum, Meskipun itu Anggota Saya Sendiri


Padang(Sumbar), Figurnews.com --
Polresta Padang menggelar konferensi pers yang dilaksanakan di Mapolresta Padang, Kamis 21 April 2022 di Mapolresta Padang. 

Dalam konferensi juga di hadiri, Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, SIk, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setiyanto, S.Ik dan didampingi Kabid Propam Polda Sumbar Kombes Pol Eko Yuldi, S.Ik serta jajaranya.  

Konferensi Pers ini di adakan sekaitan kasus nakorba yang melibatkan oknum Polisi yang dilakukan penangkapan tadi malam sekitar jam 00.15 Wib di salah satu hotel di Ranah.


Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH. S.Ik. MH menegaskan tidak akan memandang siapapun yang melakukan pelanggaran hukum dan terlibat narkoba, walaupun yang melakukan pelanggaran hukum tersebut adalah anak buahnya.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik saat membacakan instruksi dari Kapolda Sumbar, ketika memimpin konferensi pers di Polresta Padang..

"Saya sudah tegaskan dalam Commander Wish di awal saya menjabat sebagai Kapolda Sumbar tahun 2021, bahwa prioritas utama yang harus menjadi atensi adalah penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri," ucap Kombes Pol Satake Bayu.

Apalagi, Kapolda menginginkan yang seharusnya seorang anggota kepolisian ikut memberantas peredaran narkotika.

"Masak, seorang anggota Polri yang harus memberantas peredaran narkoba ilegal justru mengkonsumsi narkoba !!!. Ini tidak bisa ditoleransi," tegasnya.


Terkait jika adanya oknum yang melakukan pelanggaran dan terlibat narkoba, Kapolda Sumbar akan membiarkan proses hukum berlangsung secara objektif.

"Yang jelas, saya (Kapolda) tidak pandang bulu terhadap siapapun yang melanggar ketentuan hukum, meskipun itu anggota saya sendiri," pungkasnya.

Dalam penjelasan Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, S.Ik menerangankan tentang keberhasilan anggota Reserse Nakorba Polresta mengamankan dua orang pelaku penyalahgunaan nakorba jenis sabu di salah satu hotel di Padang. Dan salah satunya dari oknum Polisi berpangkat Kompol dengan insial BA Pgl B.

 Oknum Polisi dengan pangkat Kompol berinisial BA (49), diamankan bersama temannya inisial BS (47).

Barang bukti yang diamankan, sebelas paket kecil narkotika jenis sabu, satu set alat hisap sabu, dan dua unit handphone merk Nokia warna hijau dan Apple warna putih.

"Kronologis penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat terkait pesta narkoba di lokasi tersebut," sebut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu, S.Ik, didampingi Kabid Propam Kombes Pol Eko Yudi Karyanto, S.Ik, dan Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, S.Ik, Kamis (21/4) siang.

Hal ini berawal dari laporan masyarakat, bahwa telah terjadi Tindak Pidana Narkotika Gol 1 Jenis Sabu bertempat di jalan Purus I No. 02 Kel Purus Kec Padang Barat Kota Padang. Dimana menurut laporan masyarakat tersebut ada 4 (Empat )orang terdiri dari 2 (dua)orang laki-laki dewasa dan 2(dua) orang wanita dewasa sedang memilik, membawa, membeli, menjadi perantara atau menjual atau menyimpan dan mengunakan Narkotika gol 1 jenis Sabu.

Berdasarkan informasi masyarakat tersebut, ditindaklanjuti Tim Rajawali Satresnarkoba Polresta Padang. Berdasarkan hasil penyelidikan tersangka sedang memiliki, menguasai dan mengunakan Narkotika gol 1 jenis Sabu. Dan sa'at itu juga dilakukan penangkapan oleh Team Rajawali dan berhasil mengamankan tersangka BS pgl K dan 3 (tiga) orang berhasil melarikan diri. Saat dilakukan penggeldahan ditangan Tersangka Insial BS ditemukan 10 (sepuluh) paket Narkotika gol 1 jenis Sabu, seperangkap alat isap sabu dan 2(dua) Unit Hand Phone yang salah satunya milik tersangka Kompol BA Pgl B.

Kemudian dilakukan penangkapan terhadap Kompol BA Pgl B didalam lingkungan perkarangan Polresta Padang, yang mana saat itu Kompol BA Pgl B hendak menjemput HP miliknya yang diamankan oleh Team Satres Narkoba Polresta Padang. Setelah dilakukan interograsi terhadap tersangka BA Pgl B, ia nya mengaku bahwa ada barang bukti miliknya berada di dalam kamar 214 Hotel GS dikawasan Ranah kota Padang. Selesai Interograsi dan mengakui, penyidik membawa Kompol BA Pgl B digring ke Hotel GS dikawasan Ranah kota untuk mengambil BB(Barang Bukti) tepatnya dikamar 214. Berdasrkan hasil pengeledahan dalam kamar 214 oleh Team Rajawali dan Subbidprovost Polda Sumbar ditemukan dibawah kulkas 1(satu) paket Sabudan diatas di temukan 1(satu) buah jarum dan 2 (bua) mencis biru warna biru.

Dalam kasus Narkoba ini ditemukan BB (Barang Bukti) brupa 11 paket kecil Narkotika Gol 1 Sabu, satu alat isap Sabu terdiri dari bong, pipet, kaca pirek dan mecis dan 2(dua) unit Hand Phone merek Nokia warna hijau dan Apple warna putih. 

Ia mengatakan, saat ini Polresta Padang tengah melakukan pendalaman terkait kasus narkoba tersebut.

"Kita akan lakukan pengembangan terhadap kasus ini," pungkasnya.

Sementara, Kabid Propam Polda Sumbar Kombes Pol Eko Yudi Karyanto menegaskan, sesuai atensi Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, aksi penyalahgunaan narkoba harus ditindak tegas.

"Selain menjalani peradilan umum, Kompol BA juga akan menjalani sidang internal kepolisian karena yang bersangkutan adalah personel polisi aktif. Kompol BA bertugas di Sabhara Polda Sumbar," ujarnya.

Kemudian katanya, Bidpropam Polda Sumbar juga masih menunggu hasil proses peradilan umum dari oknum polisi tersebut. Setelah adanya keputusan inkrah dari pengadilan baru dikuatkan dengan sidang kode etik.

"Jka yang bersangkutan terbukti berdasarkan sidang kode etik, maka bisa direkomendasikan pemberhentian baik secara hormat atau dengan tidak hormat," pungkasnya

Dalam hal ini, tersangka disangkakan Pasal 114 ayat (1) Junto Pasal 112 Ayat (1) Junto Pasal 127 ayat(1) Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara. (YN)





Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre