Breaking News

Hari Ramadhan ke-17, Plt Bupati Beni Kunjungi Masjid Raya Abdul Kadim


LAIS MUBA, Figurnews.com  - Di hari ke Tujuh Belas Ramadhan, Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi melakukan kunjungan kerja ke Desa Epil Kecamatan Lais dalam rangka Safari Ramadhan 1443 H dan pelantikan Pengurus Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lais. Bertempat di Masjid Raya Abdul Kadim Desa Epil Kecamatan Lais, Selasa (19/4/2022).

Plt Bupati Beni Hernedi mengucap syukur karena tahun ini dapat melaksanakan safari ramadhan di Masjid Abdul Kadim Desa Epil ini, sebuah masjid yang paling megah di Kabupaten Muba dan masjid ini adalah wakaf dari seorang putra daerah asli Desa Epil.  


"Kiranya ini menjadi contoh dan tauladan bagi kita semua, agar putra daerah yang sukses baik di kampung halaman sendiri maupun dirantau untuk membangun kampung halaman atau desa tempat kelahirannya. Utamanya lagi membangun masjid , karena ini merupakan amal jariyah yang tak putus-putus pahalanya, selagi masjid itu masih digunakan artinya ini menjadi bekal utama  kita menghadap sang kholiq di akhirat kelak,"ucapnya.

Beni mengatakan, semoga masjid Abdul Kadim ini selalu dimanfaatkan baik untuk kegiatan keagamaan untuk syiar islam, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan yang berguna bagi kemaslahatan umat, dan sekarang menjadi tanggungjawab bersama untuk meramaikannya.

"Karena ketika masjid ini tidak diramaikan dengan kegiatan keagamaan, baik ibadah secara vertikal  berhubungan langsung dengan Allah SWT, maupun ibadah secara horizontal yang  berkaitan dengan kita sebagai makhluk sosial, maka kita akan menanggung dosanya secara sosial atau istilah agamanya kewajiban fardhu kifayah," pungkasnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyebutkan, kegiatan safari ramadhan ini bertujuan untuk menyemarakkan dan mengisi kegiatan-kegiatan dengan syiar agama islam. Kemudian juga sebagai wadah silaturahmi Pemkab Muba dengan semua elemen masyarakat dan menyerap aspirasi serta mengetahui situasi dan kondisi masyarakat.


"Alhamdullilah tadi saya sudah melantik pengurus cabang DMI Lais, dan perlu diketahui bahwa DMI adalah satu-satuya induk organisasi lembaga kepengurusan masjid. DMI tidak boleh ada keterlibatan dengan ormas atau partai politik manapun. Tujuan organisasi ini untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid, dan masjid memiliki tiga fungsi utama yaitu, sebagai pusat beribadah, menjadi tempat pemberdayaan umat dan persatuan umat islam,"bebernya.

Sementara itu dalan sambutan tokoh masyarakat Desa Epil Prof Dr H Abdul Kadim menyampaikan ucapan syukur, meski pembangunan masjid Abdul Kadim belum 100 persen selesai, tapi sudah dilaksanakan kegiatan safari ramadhan sekaligus pelantikan pengurus cabang DMI Lais.

"Saya bangga Desa Epil kembali di kunjungi oleh pemuka masyarakat, karena kalau dulu justru ditakuti. Alhamdullilah dengan niat kami membangun masjid ini agar bisa masyarakat Desa Epil bisa berkembang. Masjid ini milik umat, bukan milik kuyung Kadim, nantinya akan diserahkan ke yayasan Ar Rohim, sehingga bisa kita gunakan dan kita jaga bersama-sama,"ungkapnya.

Tokoh masyarakat yang akrab disapa Kuyung Kadim ini juga mengungkapkan, dirinya berharap apa yang dirinya cita-citakan dapat terlaksana. Masjid ini makmur artinya ramai dikunjungi, dengan banyaknya kegiatan kajian dan pengajian tentu pembinaan moral kita bisa lebih baik. Jadikan masjid ini makmur dan ramai dikunjungi sehingga orang-orang dari luar kagum dan berkeinginan mengunjungi masjid Abdul Kadim ini.

"Kalau masjid ini makmur, otomatis ekonomi disini akan ikut bergerak, misalkan orang luar datang kesini tentu bisa meningkatkan perekonomian disini. Itulah cita-cita kami, karena saya dilahirkan di Desa Epil, harapan saya agar dapat membina moral masyarakat sejak dini, InsyaAllah nanti kita akan dirikan juga rumah hafiz dan hadist disini. Sengaja bangunan masjid ini dibuat berbeda agar supaya ramai dikunjungi, daya tariknya ada. Tolong di jaga, makmurkan masjid ini terkhusus oleh umat di Muba,"tuturnya.

Menurut laporan Camat Lais Demon Hardian Ekasuza SSTP MM menyampaikan terima kasih kepada Plt Bupati Beni beserta rombongan sudah hadir langsung di Kecamatan Lais dalam rangka kegiatan safari ramadhan 1443 H, dimana sudah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan karena terkendala pandemi COVID-19.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada salah satu tokoh masyarakat yaitu Bapak Abdul Kadim yang sudah hadir langsung pada hari ini, beliau merupakan pendiri masjid yang sekarang sedang kita tempati saat ini. Alhamdullilah pembangunan masjid ini sudah 90 persen selesai, kami sudah melaksanakan kegiatan rutin di masjid ini seperti sholat lima waktu, sholat jumat serta ibadah tarawih di bulan suci ramadhan ini,"paparnya.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni, Unsur Forkopimda Ketua PA Waluyo SAg MAg, Kapolres Muba diwakili Kabag Log Polres Muba Kompol Zulkifli, Dandim 0401 Muba diwakili Pasipers Kodim 0401 Muba Kapten Inf Muhammad Yamin, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Para Staf Khusus Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Muba.

Dihadirkan Penceramah agama Dr H Royhan Sabukti dari Ponpes Roidatul Ilmi Jakarta. Pada kesempatan tersebut juga secara simbolis Plt Bupati Beni menyerahkan bantuan santunan kepada kaum Dhuafa Rp 300.000 untuk 50 orang dan penyerahan bantuan sembako program ASN Peduli dan bantuan Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lais.(**)

Editor posting : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre