Breaking News

Eksplorasi Dan Eksploitasi Tambang Ilegal, Kebal Hukum Diduga Di Backingi Orang Kuat

 


Blitar, Jatim, Figurnews.com. -- Adanya dugaan dibentuk  konsorsium terselubung dan main mata dengan oknum APH Usaha galian C pasir Ilegal di Pacuh Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kota Blitar. 

Adapun alat yang digunakan alat berat berupa Beckhoe atau Excavator untuk menggali material tanah, pasir, batu untuk di perdagangankan secara bebas tanpa dilengkapi dokumen yang sah, yang bersifat memperkaya untuk diri sendiri. 

Tim berusaha menyusuri area yang diduga terjadi penambangan liar tersebut untuk mengawasi dan memastikan sejauhmana kegiatan ilegal berlangsung.

Sudah bisa dipastikan, Sudah berapa kerugian Negara di sektor pajak, Karena jelas – jelas pemilik usaha galian C bodong  pasti mengemplang pajak. Kegiatan ilegal tersebut memang entah lolos dari pantauan aparat penegak hukum setempat atau memang sengaja di biarkan.

Selain itu tambang ilegal juga merugikan masyarakat sekitar yang berdampak langsung rusaknya alam sekitar lingkungan dan sudah pasti jelas warga mengeluh terkait rusaknya Infrastruktur Jalan yang menjadi akses mobilitas warga yang di bangun menggunakan anggaran Negara.

Merasa kebal hukum, di karenakan para bos tambang tersebut terkenal licin dan berduit seolah bisa mengkondisikan semua lini. Sehingga rumor di masyarakat luas tentang adanya dugaan konsorsium terselubung ataupun konspirasi antara penambang dan sejumlah backing dari para penambang supaya usaha mereka aman dan tetap bisa beroperasi.

Bukankah semua kegiatan penambangan minerba sudah di atur di dalam undang undang terkait minerba no 4 tahun 2009 tentang minerba yang disusun melalui UU Nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas No. 4 tahun 2009 dengan sanksi denda sebesar 100.000.000.000. (seratus miliar rupiah) dan sanksi pidana penjara 5 tahun. Ancaman ini tidak membuat jera ataupun gentar malah makin gencar  . statmen pemangku hukum. 

( Rudy . P)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre