Breaking News

Diduga Proyek Pekerjaan Jembatan Didesa Air Batu Asal Jadi Dgn Dana 78 Juta

 


Merangin Jambi Figurnews.com – Sepertinya patut jadi pembelajaran bagi para kepala desa agar tidak bermain-main dalam membelanjakan anggaran Dana Desa yang diamanahkan padanya. Anggaran DD yang nilainya tidak sedikit itu semestinya digunakan untuk kepentingan dan kemakmuran masyarakat desa, baik untuk pemberdayaan masyarakat atau pun membangun infrastruktur desa.

Tapi pada faktanya masih sering ditemukan oknum kepala desa yang membelanjakan Dana Desanya tanpa memperhatikan unsur manfaat bagi masyarakat, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Bahkan tak jarang hanya karena ingin mencari keuntungan besar, infrastruktur yang dibangun pun terkesan asal-asalan dan tidak sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Pembangunan) sehingga daya tahan bangunan tidak sesuai seperti harapan masyarakat. Akibatnya, tidak sedikit kepala desa yang harus berurusan dengan hukum karena tidak bisa mempertanggungjawabkan atas uang rakyat yang diamanahkan padanya.

Seperti yang terjadi di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarab, Kabupaten Merangin, Jambi. Tidak lama ini beredar informasi yang menyebut bangunan senilai Rp 78 juta yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2021, yang terletak di desa tersebut retak dan hampir roboh.


Bangunan berupa Jembatan dengan nilai Rp.78 juta itu, diduga dikerjakan asal-asalan dan tidak mempedomani RAB (Rencana Anggaran Bangunan) yang ada sehingga baru dibangun beberapa bulan saja bangunan sudah ambruk.

Kepala Desa Air Batu, Sukro Hadis saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon nya dirinya membenarkan bangunan jembatan cor yang dibangunnya itu sudah pecah, tapi tidak semuanya.

Dirinya juga berkilah ambruknya bangunan tersebut bukan karena dibangun asal-asalan atau pun material semen dikurangi, tapi karena tersenggol alat berat yang melewati jembatan tersebut beberapa waktu lalu.

“Ya jembatan itu kami bangun tahun 2021 lalu dengan Anggaran dana sekitar Rp 78 juta rupiah, dan kerusakan itu akibat dari tersenggol nya alat berat yang melewati jembatan tersebut, tapi saya berjanji akan saya perbaiki dengan dana pribadi saya sendiri,” demikian ucap nya. ( 16/4/22).

Trpisah, salah satu warga setempat yang berinisial ‘RS’ ketika di wawancarai oleh media ini mengatakan jika pembangunan jembatan tersebut pemborongnya adalah Kades Air Batu sendiri yakni Sukron Hadis.

“Ya jembatan ini dibangun sekitar 6 bulan yang lalu, kalau dak salah pemborongnya adalah Kades sendiri,” demikian ucap nya.

Atas prihal dan temuan tersebut, diharapkan kepada APH (Aparat Penegak Hukum) serta Dinas terkait dapat melakukan pemeriksaan. Sehingga jika terbukti ada dugaan terjadinya korupsi dapat segera ditindak lanjuti.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre