Breaking News

Dalam Rangka Penyusunan PSDA Tahun 2021, BPS dan Diskominfo Pessel Berkolaborasi



Pesisir Selatan, Figurnews.com- Bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan bersama Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan berkolaborasi dalam melaksanakan verifikasi dan pemeriksaan data statistik sektoral daerah Kabupaten Pesisir Selatan dan workshop PSDA Tahun 2022. Hal ini dilakukan dalam rangka rangkaian pembuatan buku Pesisir Selatan dalam Angka Tahun 2021 yang diselenggarakan selama 3 (tiga ) hari sejak tanggal 15 sampai 17 Februari 2022 yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Bapak Mawardi Roska,S,IP.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa perangkat daerah agar menyampaikan data untuk dipergunakan dalam perencanaan pelaksanaan pembangunan. “Data yang akurat yang dihasilkan oleh perangkat daerah sebagi produsen data, dapat dipergunakan sebagai bahan dalam menyusun perencanaan dan kebijakan dalam menentukan arah pembangunan di daerah,” ujarnya.

Nantinya, data dari perangkat daerah akan diverifikasi langusng oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Wali Data dan didampingi oleh Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan sebagai Pembina Data.

“Perangkat daerah agar memanfaatkan waktu selama 3 (tiga) hari kedepan dalam mengeksplor dan memverifikasi data yang ada pada OPD- nya. Agar data yang disajikan merupakan data yang benar dan sesuai dengan standar data yang telah ditetapkan. Data yang akurat,dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan ,” tambahnya.

Sementara itu Junaidi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan menyampaikan bahwa Dinas Kominfo selaku Wali Data telah membentuk Tim Penyusunan Pesisir Selatan dalam Angka Tahun 2021 berdasarkan Keputusan Bupati Pesisir Selatan Nomor 555.2/92/Kpts/BPT-PS/2022.

“Sebagai Wali Data, Diskominfo Pessel mempunyai tugas untuk memeriksa kesesuaian data yang disampaikan Perangkat Daerah sebagai Produsen Data. Untuk itu bersama BPS dalam 3 (tiga) hari kedepan kita akan memverifikasi data yang sebelumnya telah disampaikan oleh Perangkat Daerah kepada Tim Penyusunan PSDA,”ungkapnya.

Selain itu juga workshop yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan verifikasi data dengan narasumber Kepala Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan. “Dalam melaksanakan amanat Perpres Nomor 39 Tahun 2019, Wali Data selain melakukan verifikasi data, menyebarluaskan data, juga membantu Pembina Data dalam memberikan pembinaan kepada Produsen Data, agar Satu Data Indonesia dapat diwujudkan,” tutupnya.* 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre