Breaking News

Brand-Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital

 

Jakarta, Figurnews.com- Pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun telah meningkatkan aktivitas digital masyarakat dalam mencari produk hingga membelinya dengan memanfaatkan teknologi digital. Aktivitas tersebut bahkan diyakini telah menjadi habit atau kebiasaan masyarakat, yang akan terus dilakukan meskipun pandemi telah berakhir nantinya. 

Meningkatnya aktivitas belanja digital selama pandemi telah menjadi perhatian sejumlah kalangan. TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penilaian dan perkembangan brand di Indonesia, melakukan riset Brand Choice Index, untuk mengetahui brand-brand pilihan konsumen di ranah digital. Riset yang pertama kali dilakukan pada tahun 2021 ini, hingga saat ini telah dilakukan ke-6 kali, untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, seiring meningkatnya aktivitas digital masyarakat selama pandemi. 

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, perubahan lanskap bisnis dari offline ke online, telah diikuti meningkatnya aktivitas brand-brand baik lokal maupun internasional dalam melakukan pemasaran produk di ranah digital dan marketplace. Pelaku brand meyakini dengan meningkatkan aktivitas brand di ranah digital, akan meningkatkan keterpilihan sebuah brand. 

Keberadaan marketplace sendiri tentunya akan sangat membantu konsumen untuk memperoleh produk pilihan berkualitas. Pasalnya marketplace tidak hanya menyajikan kelengkapan produk dari seluruh brand, tapi juga menyediakan berbagai tools untuk memanjakan konsumennya, seperti tools search, rating dan review. 

“Brand dengan pencarian terbanyak di ranah digital atau marketplace, serta mempunyai ulasan terbaik dari konsumen pengguna marketplace, dapat dipastikan brand tersebut akan menjadi brand pilihan konsumen,” jelas Tri Raharjo. 

Ke depan, tentunya aktivitas brand di ranah digital akan semakin tinggi. Karena itu, TRAS N CO Indonesia kembali melakukan riset Brand Choice Index untuk mengetahui brand-brand terpilih di ranah online. Penilaian sendiri dilakukan berdasarkan tiga kriteria yakni; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect. 

“Penilaian Brand Choice Index kali ini dilakukan pada bulan Desember 2021 hingga Februari 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset,” jelas Tri Raharjo. 

Sementara itu, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, menghadirkan Brand Choice Award 2022 Fase 1, sebagai bentuk apresiasi terhadap brand-brand nasional maupun internasional yang telah berhasil memasarkan produk mereka melalui marketplace di Indonesia sehingga menjadi brand pilihan konsumen Indonesia. 

Menurutnya, di tengah gempuran teknologi yang berkembang cepat dengan semakin bertumbuhnya official store di marketplace, menuntut brand untuk melakukan inovasi serta mengikuti perkembangan zaman. Sekarang ini brand-brand juga dituntut mempunyai tingkat pencarian terbanyak serta rating terbaik untuk menjadi brand pilihan konsumen. 

“Pasalnya, sebagian konsumennya saat ini telah bermigrasi mengikuti tren dengan menggunakan marketplace ketika berbelanja sebuah produk,” jelas Susi. 

Tri Raharjo juga menambahkan, adapun hasil riset Brand Choice Index Fase 1 dari 150 kategori produk, 10 kategori produk dengan transaksi dan ulasan terbanyak adalah; Body Lotion dengan 2,8 juta transaksi dan 1,8 juta review, Hand Wash dengan 2,6 juta transaksi dan 1,1 juta review, Shampoo dengan 2,3 juta transaksi dan 1,4 juta reviwe, Facial Wash dengan 1,8 juta transaksi dan 1,1 juta reviw, Lipstick dengan 1,8 juta ulasan dan 1,1 juta review, Bedak Wajah dengan 1,6 juta ulasan dan 721 ribu review, Sabun Mandi Cair dengan 1,6 juta ulasan dan 933 ribu review, Pasta Gigi dengan 1,4 juta ulasan dan 876 ribu review, Facial Foam dengan 1,3 juta ulasan dan 910 ribu review, dan Deodorant dengan 1,3 juta dan 882 ribu review. 

“Sepanjang periode riset dilakukan, terdapat 53 juta transaksi, 29 juta review dengan rating rata-rata 4,88. Selain itu juga ada 5,4 juta lebih ulasan dan 3 juta lebih pencarian di halaman mesin pencarian,” jelas Tri Raharjo. 

Sementara itu, peraih Brand Choice Award 2022 Fase 1, antara lain; Gery Saluut untuk kategori Malkist dan Wafer, Chocolatos (Minuman Cokelat Kemasan dan Wafer Stick), Polytron (Lemari Es), Sari Roti (Roti), Antis (Hand Sanitizer), Coolant (Minuman Ion Penyejuk), Plossa (Minyak Angin Aromaterapi), Adem Sari (Minuman Pereda Panas Dalam), Force Magic (Obat Nyamuk Aerosol), Vegeta (Obat Pelancar BAB), Morinaga (Susu Formula Soya), By.U (Kartu Perdana), Gree (Air Cooler, AC, Air Purifier), Lactacyd (Feminine Care), Sharp (Vacum Cleaner, Lemari Es, Oven & Microwave, Air Cooler, Air Purifier), Confidence (Popok Dewasa), Mustela (Baby Cream), Oxone (Oven & Microwave dan Panci Presto), Emina (Bedak Wajah dan Facial Wash), dan Make Over (Bedak Wajah dan Blush On).(***) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre