Breaking News

Walikota Solok Zul Elfian Umar lakukan Hearing dengan Direktur Sanitasi Ditjen Cipta Karya.untuk menekan penyebaran penyakit melalui media air dan pengelolaan samitasi Kota.


SOLOK KOTA,Figur news .com – 

Sanitasi saat ini di Kota Solok masih jauh dikatakan bersih dan layak. Ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, masih banyak rumah tangga yang belum memiliki sanitasi yang baik. Bahkan masih ada diantara masyarakat yang buang kotoran ke aliran sungai, kolam ikan, atau mengalirkan langsung ke sungai.

Kondisi ini diperburuk dengan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan. Seperti aliran sungai, got, sehingga menyebabkan aliran air atau sumber air menjadi kotor dan tidak dapat dimanfaatkan. Jikapun Harus dimanfaatkan perlu penyaringan ketat terlebih dahulu.

Menghadapi kondisi ini, Walikota Solok Zul Elfian Umar bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Zulkifli, Sekretaris Dinas PUPR Eliyardi, Kabag Prokomp Nurzal Gustim, Jumat (25/3/2022) melakukan Hearing dengan Direktur Sanitasi Prasetyo, Kasubdit Wilayah I Direktorat Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Sandi Eko Brahmono Pujastanto di Direktorat Sanitasi Ditjen Cipta Karya lantai 7 Jakarta.

Pembangunan prasarana dan sarana air limbah permukiman saat ini belum mencapai kondisi yang diinginkan. Terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan permukiman padat penduduk, kumuh dan rawan sanitasi di perkotaan.

Akses penduduk kepada prasarana dan sarana air limbah permukiman pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya serta kemiskinan.

Hasil berbagai pengamatan dan penelitian telah membuktikan bahwa semakin besar akses penduduk kepada fasilitas prasarana dan sarana air limbah permukiman, semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit yang ditularkan melalui media air.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre