Breaking News

TKPSDA Lakukan Sidang Pleno Pertama Tahun Anggaran 2022 di Pekanbaru

 



Pekanbaru, Figurnews.com- Tantangan pengelolaan Sumber Daya Air yang semakin meningkat akibat perubahan kondisi lingkungan membutuhkan strategi pengelolaan yang tepat dalam upaya konservasi SDA, pendayagunaan SDA, dan pengendalian daya rusak air. Aspek konservasi, pendayagunaan, dan pengendalian daya rusak air harus dikelola secara bersama-sama, baik antar sektor maupun antar lembaga agar tercipta koordinasi yang baik dalam pembuatan kebijakan di bidang Sumber Daya Air.

Integrated Water Resources Management atau Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu merupakan upaya pengelolaan sumber daya air dalam suatu konteks kesatuan wilayah sungai tanpa mengorbankan ekosistem yang di dukung oleh pelibatan stakeholder dalam bentuk pemberdayaan kelembagaan. Mengingat pentingnya peran stakeholder pengelola Sumber Daya Air dalam mewujudkannya, Menteri PUPR telah menetapkan anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Indragiri-Akuaman yang terdiri dari pemerintah dan organisasi non-pemerintah di Sumatera Barat dan Riau yang berkaitan dengan sumber daya air guna mendukung keterpaduan pengelolaan SDA dalam bentuk perumusan kebijakan.

Hari ini, Jum’at (18/03) TKPSDA WS Indragiri Akuaman melakukan Sidang Pleno pertama pada tahun Anggaran 2022, bertempat di Pekanbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring isu- isu strategis terkait pengelolaan Sumber Daya Air di WS.Indragiri-Akuaman. Agenda yang akan di bahas dalam sidang ini adalah Sosialisasi Rencana PSDA WS Indragiri-Akuaman dan program kerja TKPSDA WS Indragiri-Akuaman Tahun 2022.

Dibuka oleh Ketua TKPSDA Ir. Emri Juli Harnis, MT, Ph.D dalam sambutannya Emri menyebutkan bahwa guna tercapainya pelaksanaan tugas dan fungsi TKPSDA maka diperlukan penyusunan program kerja tahunan, khususnya tugas dan fungsi reguler serta yang belum terlaksana oleh TKPSDA WS Indragiri-Akuaman.

Kepala BWS Sumatera V Padang Dr. Dian Kamila, ST, MT yang hadir dalam kesempatan tersebut bersama BWS Sumatera III yang di wakili oleh Kasi OPSDA, menyampaikan bahwa Dengan terlaksananya Sidang Pleno Ke-I TKPSDA WS Indragiri-Akuaman tahun 2022 ini, diharapkan para stakeholder dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dapat bekerja bersama secara optimal dalam melaksanakan pembahasan sesuai tugas dan fungsi sehingga memberikan masukan yang berkualitas dan mendukung optimalisasi pengelolaan sumber daya air di Wilayah Sungai Indragiri Akuaman.

Kegiatan Sidang Pleno pertama TKPSDA Tahun Anggaran 2022 diikuti oleh 40 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan sepanjang berjalannya acara. (humas)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre