Breaking News

Tingkatkan Efisiensi Pertanian Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Mengajarkan Cara Menggunakan Ajir dan Penyemprotan Hama Kepada Warga Binaan


Kampung Dalam,Figurnews.Com-
Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Serda Gusmayudi mengajarkan cara memasang ajir dan penyemprotan hama pada tanaman kacang panjang yang baik kepada Bapak Jalaludin di Korong Toboh Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman hari Minggu (27/03/2022).


Pemasangan ajir yang biasanya digunakan oleh bapak Jalaludin menggunakan tali menurut Babinsa Serda Gusmayudi kurang efisien karena tali mudah putus dan goyang terkena angin,sehingga harus sering diganti hal ini dapat menambah biaya dan tenaga dalam perawatannya.


Untuk mencegah hal itu Babinsa Serda Gusmayudi mengajarkan cara memasang ajir dengan menggunakan bambu yang sudah dibelah selanjutnya tancapkan bambu tersebut sedalam 15 cm atau sampai benar - benar kokoh dan tidak goyang kena angin, pemasangan ajir ini setelah tanaman kacang panjang tumbuh sekitar 14-20 cm dan jarak pemasangan ajir dgn tanaman 4-10 cm.



Kemudian penyemprotan hama pada tanaman kacang panjang yang biasanya yg dilakukan Bapak Jalaludin kurang efisien dalam biaya, dengan adanya Babinsa mengajarkan cara penyemprotan dengan tidak mengeluarkan biaya yang besar.


Babinsa mengajarkan cara penyemprotan dengan dengan menggunakan bahan alami yang ada di dapur,dalam hal ini menggunakan bahan bawang putih dan cabe rawit yang dihaluskan dicampur dengan air dan sabun cuci cair.


Penggunaan pestisida berbahan bawang putih dan cabe rawit ini sangatlah efisien dari segi biaya karena dari tiga siung bawang putih bisa di jadikan 2 liter pestisida,sehingga dapat menambah hasil pertanian dari menekan biaya perawatan.


Penyemprotan dilakukan pada saat umur kacang panjang 8 hari gunanya utk mengatasi hama seperti ulat dan semut yg mengganggu perkembangan tanaman.


Bapak Jalaludin  mengucapkan terima kasih kepada babinsa karena telah mengajarkan cara yang lebih efisien dalam pertanian,sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian yang dilakukannya.


Diakhir pembicaraan Ba binsa Serda Gusmayudi berharap agar Bapak Jalaludin juga mau mengajarkan dan menularkan ilmu tersebut ke warga binaan yang lain,sehingga bersama-sama dapat meningkatkan efisiensi pertanian....( BBS MIL 06/KPD GMY)

Editor :Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre