Breaking News

Tanggap Bencana, PKS Pasbar Bersihkan Puing Masjid Raya Kajai

 


PASBAR--Relawan kemanusiaan yang tergabung dalam Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terpantau membersihkan puing Masjid Raya Kajai, Kecamatan Talamau, Kamis (03/03). 

Koordinator Relawan DPD PKS Pasaman Barat, Indra Budiman MA, mengatakan kegiatan tersebut masih rangkaian aksi kemanusiaan pasca gempa yang telah meluluhlantakkan sejumlah wilayah di kaki Gunung Talamau. 

"Khusus giat hari ini kami mengoperasikan satu unit alat berat ekskavator dan dibantu dua unit dump truck untuk pembersihan puing runtuhan masjid. Alat tersebut bantuan dari DPW PKS Sumatera Barat" ungkapnya. 

Sebelumnya, lanjut Indra, pada giat hari pertama tanggap darurat pihaknya mendirikan dapur umum tersebar disejumlah titik permukiman terdampak bencana seperti di Kajai, Timbo Abu dan Padang Tujuh, selain itu relawan juga bekerja penuh membantu membersihkan puing rumah warga yang runtuh akibat gempa. Para relawan PKS tersebut dating dari berbagai kabupaten kota di Sumatera Barat, bahkan dari provinsi Riau.

Disamping pendirian fasilitas dapur umum, pihaknya juga membuka layanan kesehatan dengan dibantu tiga unit mobil Ambulance Yankes dan turut membantu evakuasi korban bencana. "Alhamdulillah kami bisa melayani sekitar 500 jiwa warga terdampak untuk setiap harinya, " Sebut Indra. 

Untuk kegiatan kedepan, pihaknya akan membantu menyediakan hunian sementara bagi masyarakat berdasarkan prioritas sesuai dengan kemampuan yang ada.

Indra mengajak semua pihak berkolaborasi membangun kembali nagari Kajai, terutama mendirikan kembali masjid raya. “Mari bersama membantu dan memberikan sumbangan terbaik agar masjid kebangaan ini kembali bisa dibangun dan dimanfaatkan menjelang Ramadhan tahun ini” tutupnya.

Kepedulian PKS membantu korban bencana gempa juga ditunjukkan dengan hadirnya para petinggi PKS di wilayah terdampak. Seperti baru-baru ini, ketua DPP PKS wilayah Sumbagut Hendri Munief mengunjungi Nagari Malampah dan Kajai, dua wilayah teraparah diterjang gempa bumi. Hendri Munief datang memastikan semua pelayanan relawan PKS terhadap para korban berjalan baik, seperti dapur umum, pelayanan kesehatan, relawan membantu pembersihan rumah warga yang rusak berat, efektifitas penyaluran bantuan dan lainnya. 

Selain ketua DPP PKS juga hadir anggota DPR RI dari PKS sepert Nevi Zuairina, Hermanto. Begitu juga Anggota Dewan Provinsi PKS M. Ihpan, Rahmat Saleh, dan Irsyad Syafar. Mereka datang menyalurkan bantuan dan bahkan ikut bersama relawan bekerja.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre