Breaking News

Tambak PT. EPU di Kabupaten Barru Dikunjungi oleh Bupati Tolitoli

 


Tolitoli, Figurnews.com- Perusahaan Tambak milik PT Esaputli Prakarsa Utama (EPU) di Mallawa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan, dikunjungi oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya bersama rombongan sebagai salah satu agenda kunjungan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di Provinsi Sulawesi Selatan pada sabtu siang (5/3).

 Bupati bersama rombongan diterima oleh Komisaris PT. Esaputli Ahmad Bhakty Baramuli, Sekretaris Koordinator Lapangan Ir. H. M. Ishak, M.Si dan staf Komisaris Akbar Rusli.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat perusahaan, Ahmad Bhakty Baramuli menjelaskan kepada Bupati Tolitoli dan rombongan bahwa bibit udang (benur) menggunakan induk udang vanname dari Amerika Serikat, bebas hama dan tahan penyakit, pertumbuhan dan waktu pemeliharaan yang cepat serta irit penggunaan pakan. Sedangkan bibit ikan bandeng (Nener) menggunakan induk bandeng berkualitas, tahan penyakit, pertumbuhan cepat dan tingkat kehidupan yang tinggi. 

Sampai saat ini, produksi ikan bandeng yang dikembangkan dalam 146 bak pemeliharaan,  mampu menghasilkan produksi 25 juta ekor per bulan, dengan jumlah induk produktif 600 ekor yang bertelur hingga 35 juta butir per bulan. Usaha tambak semacam ini sudah mulai dikerjakan di Kabupaten Tolitoli yakni di Desa Lingadan Kecamatan Dako Pemean dan akan dibuka lagi di Dusun Babanji Desa Bambapula Kecamatan Dampal Utara.

 Direncanakan tambak Babanji seluas 40 hektar terdiri dari 67 petak dengan luas 2500 meter bujur sangkar per petaknya. Dalam 1 petak akan ditebar Nener sebanyak 625 ribu ekor. Produksi yang diharapkan sebanyak 10.750 kilogram perpetak. Tambak Babanji ini akan menyerap tenaga kerja kurang lebih 140 orang. 

Pada kesempatan itu, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya mengapresiasi kerja managemen PT. EPU dan diharapkan tambak yang akan dibangun di Banji dapat segera terwujud. Dalam kunjungannya ke Tambak PT. EPU itu, Bupati didampingi Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos , sejumlah Anggota DPRD serta Pejabat Pemerintah Darah Kabupaten Tolitoli.

Usai pertemuan, Bupati dan rombongan meninjau beberapa petak tambak di lokasi perusahaan. 

Laporan . Rahmat ( red hms)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre