Breaking News


 Kab Solok, Figur news , com-

Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Sosial menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Sembako (BSS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Aula kantor Pos cabang Sumani Kecamatan X Koto Singkarak. Selasa (01/03/2022) pagi.

Disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Ir. Syoufitri, untuk tahun 2022 ada sebanyak 9.107 KPM penerima bantuan BSS di Kabupaten Solok, penyaluran BSS yang dilaksanakan pemerintah adalah untuk periode pertama, yaitu untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2022.

Dijelaskannya juga, penyaluran bantuan BSS tahun ini berbeda dibanding tahun lalu. Sebelumnya, bantuan diberikan dalam bentuk sembako yang diambil melalui warung yang ditunjuk sebagai fasilitator.

“Untuk Tahun ini bantuan BSS diberikan uang tunai kepada KPM lewat Kantor Pos,” ungkap Syoufitri.

Pembayaran BSS yang dilaksanakan kepada seluruh KPM didasarkan atas surat edaran Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI, dan untuk mempercepat penyalurannya dilaksanakan melalui PT. Pos Indonesia.

Untuk penyerahan BSS sendiri, pada tahun 2022 setiap KPM mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 600 ribu dengan nominal hitungan per bulannya masing-masing sebesar Rp. 200 ribu.

Dalam hal ini, Bupati Solok H. Epyardi Asda melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok mengimbau, untuk penerima bantuan BSS agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat.

“Uang yang diterima BSS adalah untuk membeli sembako. Jangan digunakan untuk beli hal-hal lain yang tidak bermanfaat bagi keluarga,” tegasnya.

Bantuan BSS diserahkan dalam bentuk uang tunai kepada KPM. Setelah bantuan diterima, KPM juga diminta agar membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan konsumsi Sembako keluarganya di tempat transaksi (warung sembako) sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, disampaikan juga oleh Kepala Dinas Sosial, bahwa keluarga KPM dibebaskan untuk melakukan transaksi diwarung Sembako manapun tanpa ada intimidasi dari pihak manapun sesuai dengan kebutuhan dan nilai nominal yang telah diberikan oleh pemerintah.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre