Breaking News

Puluhan Murid MDTA Mesjid Al Manar Ikuti Khatam Al Qur’an

 


Solok Kota ,Figur news .com -

Sebanyak 27 orang murid Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Masjid Al Manar kota Solok, yang telah menamatkan membaca Al Qur’an, mengikuti khatam Qur’an pada Minggu (13/03/2022) bertempat di Masjid Al Manar kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan kota Solok.

Resepsi Khatam Al Qur’an bagi Murid MDTA Masjid AL Manar tahun 2022 ini, terdiri 12 orang murid terdiri dari laki laki dan 15 orang lainnya murid perempuan, dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM dan juga dihadiri oleh kepala Kemenag kota Solok, Ketua BAZNAS Kota Solok, orang tua adat, Bundo Kanduang, para Cendikiawan kota Solok, Camat, Lurah, serta undangan lainnya

Khatam Al Qur’an di kota Solok telah membudaya dan telah menjadi alek nagari. Ketika seorang anak atau sekelompok murid yang telah menyelesaikan tugasnya itu, mereka dikhatamkan dan diarak sekeliling kota Solok, dengan iringan yang cukup ramai dan padat serta dikawal oleh pihak kepolisian yang dilengkapi dengan satu mobil vorider dari Satlantas Polres Solok kota.

Dalam sambutannya Wawako Ramadhani mengatakan bahwa, “MDTA adalah satuan pendidikan keagamaan Islam non formal yang menyelenggarakan pendidikan aga Islam sebagai pelengkap pengajaran pendidikan”. Dari pengertiannya itu, MDTA memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan Islam di daerah setempat, serta telah banyak melahirkan ahli pembaca Al Qur’an yang telah dikhatamkan.

Membaca Al Qur’an adalah salah satu amalan yang dilakukan umat Islam untuk mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT, berdasarkan dari pada itu, untuk daerah Sumatera Barat membaca Al Qur’an dikenalkan kepada anak anak mulai sejak dini sampai ia dapat mengikuti Khatam Al Qur’an.

Keutamaan mengkhatamkan Al Qur’an adalah sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun bagi mereka yang telah Khatam Al Qur’an, atau yang telah menamatkan membaca Al Qur’an 30 Juzz yang berisikan 114 surat yang dahulunya diturunkan didua tempat yakni Mekkah dan Madinah.

Selamat bagi anak anak yang telah menyelesaikan membaca Al Qur’an, semoga ilmu yang didapatkan atau nilai nilai Al Qur’an yang didapatkan dapat diterapkan serta diamalkan dalam kehidupan sehari hari. “Selamat untuk orang tua dan anak-anak yang sudah khatam Al qur’an. Semoga jadi generasi Islami sholeh dan sholehah yang bisa memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya di akhirat kelak,” ujar Wawako.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre