Breaking News

PKL Mahasiswa PDD Mentawai Angkatan VI Tersebar di Provinsi Sumbar

Foto: Foto bersama pada acara pelepasan Mahasiswa PDD Mentawai di Pelabuhan Laut Tuapejat. Kamis, (24/03/2022).

MENTAWAI. FN- Wilayah Provinsi Sumatera Barat yang mayoritas bersuku Minangkabau itu terdiri atas 19 Kabupaten, 1 dari 19 Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain memiliki Budaya dan Suku yang berbeda dari 18 Kabupaten lain, Kepulauan Mentawai juga terpisah dari daratan Pulau Sumatera. 

Program Studi Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri Mentawai binaan Politeknik Negeri Lampung itu telah berdiri sejak 2015 lalu. Hingga kini telah meluluskan sebanyak 121 Alumni yang terbagi dari lima angkatan. 

Terdapat dua Program Studi (Prodi) di kampus tersebut yakni, Diploma II Prodi Tekonolgi Pangan dan Diploma II Prodi Budidaya Perikanan. 

Tercatat hingga saat ini, Praktik Kerja Lapang (PKL) Mahasiswa yang dimulai dari Mahasiswa Angkatan 1 sampai 6 ini telah menembus berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat. 

Berdirinya kampus PDD Mentawai merupakan prestasi bagi Pemerintah Daerah. Pasalnya, kampus Negeri tersebut merupakan satu-satunya di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang telah mekar dari Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 1999 lalu. 

Seminar Siritoitet, Ketua PDD Mentawai keempat pada pelepasan PKL 43 Mahasiswa itu mengatakan, sebelum pelepasan Mahasiswa atau keberangkatan PKL ini, Mahasiswa telah diberi pembekalan PKL selama 3 hari. 

“Jadi setibanya Mahasiswa ditempat PKL, mereka tidak canggung lagi, mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan,” ungkapnya usai pelepasan Mahasiswa PKL tersebut di Pelabuhan Laut Tuapejat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. Kamis, (24/03/2022). 

Begitu juga dengan Ketua Prodi lanjutnya masing-masing Prodi telah berkoordinasi melalui Wakil Ketua Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Waka I), Kurnia Sakerbau terkait segala hal yang diperlukan dalam kegiatan PKL. 

“Pada acara pelepasan PKL ini kita sampaikan kepada Mahasiswa agar selalu menjaga nama baik khususnya almamater PDD Mentawai,” tambah Ketua PDD Mentawai itu. 

Dilain tempat Waka I, Kurnia Sakerebau mengatakan, selama PKL banyak tahapan yang mesti dilalui Mahasiswa yakni, pembekalan, pelepasan, kegiatan PKL hingga menulis laporan PKL. Masing-masing Mahasiswa dibagi perkelompok sesui lokasi PKL. Sehingga nantinya hasil PKL dapat dipertanggung jawabkan sampai digelarnya sidang PKL. 

“Kalau sudah selesai sidang PKL mereka baru bisa melanjutkan ke pembuatan tugas akhir sebagai syarat untuk wisuda, ketika membuat tugas akhir mereka sendiri-sendiri,” ujar Waka I. 

Kegiatan PKL itu berlangsung selama 2 bulan penuh. Tugas Dosen Pembimbing selama PKL adalah mengantarkan, supervisi dan penjemputan serta nanti melakukan bimbingan laporan PKL hingga sidang yang akan digelar oleh penguji laporan PKL. 

Kurnia Sakerebau menegaskan, selama PKL Mahasiswa mesti disiplin. “Apabila kedapatan Mahasiswa membuat cacat nama kampus akan diberi sanksi tegas,” ucapnya Waka I itu. 

Mahasiswa lanjutnya mesti banyak mencari, menggali dan menyelasaikan suatu persoalan di lapangan. Sehingga hasil PKL memiliki nilai yang maksimal dibidang teori maupun prakteknya. 

“Kita berharap kepada Mahasiswa mesti serius dalam menjalani PKL, agar kedepannya tidang canggung di dunia usaha dan dunia kerja,” terang Kurnia Sakerebau. 

Ketua Prodi Budidaya Perikanan, Ermianus Samalei menyebutkan lokasi PKL 25 Mahasiswa Prodi Budidaya Perikanan tersebar di 7 lokasi yaitu, Kota Padang-UPTD BPBALP Teluk Buo, Kabupaten Pesisir Selatan-Instalasi BPBALP Sungai Nipah, Kota Padang-UPTD BBI Bungus, Kabupaten agam-Tambak Morgan, Kabupaten Agam-Tambak Uncu, Kabupaten Kepulauan Mentawai-Bumdes Saureinu dan UPTD BBIP Sikakap. 

Kemudian Ketua Prodi Teknologi Pangan, Dewi Sartika Saragi menyebutkan, lokasi PKL 19 Mahasiswa Teknologi Pangan tersebar di 6 lokasi yaitu, Kabupaten Lima Puluh Kota-PT. Tom Burger Group, Kota Solok-PT. Moosa Genetika Farmindo, Kota Padang-Pusat Oleholeh Zet dan Chici, Kota Padang-P4S Permata Ibu, Kabupaten Kepulauan Mentawai-Usaha Sairud Family dan Kabupaten Kepulauan Mentawai-Usaha Ikan Asin Berkah. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre