Breaking News

PERSAGI Pasbar Beri Asupan Makanan Tambahan Bayi dan Balita Pengungsian



PASAMAN BARAT,.FIGURNEWS.COM--Peduli terhadap korban gempa Kajai dan Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), DPC  Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kabupaten Pasbar berikan konseling gizi dan makanan tambahan terhadap balita, ibu hamil dan menyusui yang saat ini terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Gempa Pasaman Barat yang terjadi pada Jumat, (26/2/2022) seminggu yang lalu memang menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat Pasbar, khususnya para korban yang terdampak gempa tersebut. Betapa tidak, saat ini para korban terpaksa hidup dan memasak dibeberapa tenda pengungsian yang didalamnya juga tidak sedikit ibu hamil, anak-anak, balita, ibu menyusui dan lansia.

Koordinator PERSAGI Pasbar, Rita Angelia, S.G.z kepada wartawan di Posko utama Tanggap Darurat Bencana Alam, yang bertempat di halaman Dinas Kantor Bupati Pasbar mengatakan, sebagai wujud peduli dan ikut merasakan derita yang dirasakan para korban gempa, PERSAGI Pasbar juga merasa terpanggil untuk berperan serta sesuai dengan profesinya selaku ahli gizi untuk sedikit meringankan beban para korban gempa.

"Kita juga peduli dan merasakan apa yang dirasakan saudara-kita para korban gempa, sehingga sesuai dengan profesi kita selaku ahli gizi PERSAGI Pasbar juga berkontribusi dalam memberikan konseling dan makanan tambahan terhadap ibu hamil, balita dan ibu menyusui yang berada di tenda pengungsian,"ujarnya. 

Rita Angelia menambahkan, melalui dapur umum yang ada di posko utama yang terletak di depan Kantor Bupati Pasbar, PERSAGI bersama dengan Pihak TNI melakukan pengadaan makanan untuk bayi dan balita yang selanjutnya akan didistribusikan ke posko-posko pengungsian yang ada.

"Kegiatan memberikan makanan tahan terhadap bayi, balita dan ibu hamil tersebut telah kita lakukan dari tanggal (28/2/2022) pasca gempa terjadi hingga saat ini,"tutur Rita.

Disamping itu, salah seorang anggota PERSAGI, Novi Yenni, S.G.z menjelaskan, adapun jenis makanan yang disediakan oleh PERSAGI Pasbar diantaranya, Sop Ayam + sayur, Sop Telur Puyuh + Sayur, Bubur Ayam, Buah dan minuman, bubur kacang hijau, bubur tim bayi usia 6 – 11 bulan dan Sop Daging + Sayur. 

"Ada berbagai menu makanan yang kami siapkan untuk mencukupi gizi bayi dan balita setiap harinya, meskipun belum bisa kita berikan tiga kali sehari karena keterbatasan sarana, tenaga dan biaya,"jelasnya.

Novi menambahkan, Kagiatan yang dilakukan juga telah mendapatkan dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasbar, DPD Persagi Sumatera Barat, DPC Persagi Luar Kabupaten Pasbar, IDAI Sumbar, ASDi Sumbar,  IDI Pasbar dan Masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam penggalangan donasi kegiatan.

"Semoga kigiatan yang dilakukan PERSAGI Pasbar ini dapat meringankan beban yang dirasakan oleh para korban gempa, dan semoga selama pengungsian ini berlangsung, masalah gizi juga dapat ditindak lanjuti dengan baik,"harap Novi mengakhiri.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre