Breaking News

Peresmian Kampung Pancasila di Kota Solok


SOLOK KOTA, Figurnews .com– 

Saat ini ada kampung pancasila di Kota Solok, tepatnya di Gurun Bagan Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah. Kampung pancasila ini merupakan binaan Kodim 0309/Solok.

Kampung Pancasila ini diresmikan Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan bersama Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, dan Kapolresta Solok AKBP Ferry Suwandy.

Kampung Pancasila adalah julukan untuk sebuah kampung, dusun, desa, maupun kelurahan yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.

Proses sebuah kampung, dusun, desa, maupun kelurahan dijadikan Kampung Pancasila, melalui tiga tahapan. Antara lain interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila. Sedangkan, proses pelaksanaannya mencakup bidang sosial, budaya, dan ilmiah.

“Pemerintah memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi, hubungan sosial yang baik, dan penerapan nilai-nilai Pancasila baik,” ujar Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra, Selasa (15/3/2022) di Gurun Bagan.

Dengan ditetapkannya Gurun Bagan sebagai kampung pancasila, lanjut Wawako, diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainya dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila di kelurahan masing-masing.

Di kelurahan VI Suku terdapat banyak keberagaman, baik budaya, suku, agama, dan lain sebagainya. Dasar inilah ditetapkannya Gurun Bagan sebagai ikon disematkannya Gurun Bagan sebagai kampung pancasila.

“Ini merupakan sebuah tantangan bagi tokoh dan masyarakat Gurun Bagan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila. Semoga kedepannya Gurun Bagan makin maju dan makmur,” tuturnya.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre