Breaking News

Perbaikan Jalan Terus Digenjot Pemkab Pesisir Selatan, Prioritas Daerah Sentra Ekonomi


Painan, Figurnews.com -- Panjang ruas jalan dengan kondisi baik terus bertambah di Kabupaten peisisir Selatan. Penambahan sebagian besar terdapat di kawasan sentra ekonomi.

Data BPS pada akhir 2021, panjang ruas jalan berkondisi baik di Pesisir Selatan 744 Kilometer. Angka ini bertambah dibanding tahun sebelumnya dengan panjang jalan hanya 689 Kilometer.

Sementara itu, panjang ruas jalan dengan kondisi rusak tecatat 382 Kilometer, rusak ringan 255 Kilometer. Kemudian rusak berat 976 Kilometer, turun dari 1.008 Kilometer yang tercatat pada tahun sebelumnya.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, akses jalan merupakan infrastruktur dasar yang meerti terpenuhi. Jalan berperan dalam menunjang kegiatan perekonomian masyarakat dan daerah.

 “Dengan akses jalan yang baik, maka ongkos produksi dan distribusi bisa dipangkas,” kata Rusma saat menjawab pertanyaan Figurnews. com ,Jumat (25/3/2022)

Pemerintah daerah setidaknya menggelontorkan anggaran sekitar Rp100 miliar dalam pembenahan infrastruktur dalam perode tersebut. Anggaran itu berasal dari APBD.

“Tahun ini temanya masih sama, pemulihan ekonomi pasca pandemi sekaligus sebagai upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah di kabupaten Pesisir Selatan,” tutur bupati.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, pemerintah kabupaten menargetkan jalan berkondisi baik sebesar 35,90 persen atau naik satu persen per tahun.

Sedangkan untuk rasio konektivitas antar wilayah di dalam kabupaten ditargetkan mencapai 63 persen pada akhir tahun RPJMD. Rencana itu bentuk upaya menopang perekonomian masyarakat.

“Salah satu kendala pembangunan ekonomi daerah saat ini, masih rendahnya ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan yang berkondisi baik di area sentra produksi,”terangnya.

Pembenahan jalan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerinth daerah. Panjang jalan kabupaten di Pesisir Selatan mencapai lebih kurang 2 ribu Kilometer. APBD Pessel juga cukup terbatas untuk menyelesaikan pembangunan jalan.

“Kita akan upayakan alokasi anggaran dari APBN, yang pasti, jalan di kawasan sentra ekonomi akan menjadi prioritas,” tegas Rusma.(Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre