Breaking News

Peduli Gempa Pasbar, Perantau Matur di Amerika Zaini Zein Kirim Bantuan 210.00 USD



Pasaman Barat,Figurnews.com--Meskipun sudah puluhan tahun bermukim  dinegara Paman Sam New York Amerika Serikat, namun  Zaini Zein putra Matur Kabupaten Agam ini bersama istri tercinta Yasmin Zein tetap ingat akan negara kelahirannya Indonesia tercinta meski kini sudah menjadi warga negara Paman Sam tersebut.

Betapa tidak, setiap saat ia terus mengikuti perkembangan informasi tentang negara asalnya melalui media cetak maupun online yang dikirim oleh kawan-kawan dari Indonesia khususnya dari Sumatra Barat  seperti Media cetak Surat Kabar Harian  Rakyat Sumbar  , dan media online lainnya  yang hampir tiap hari kami baca yang dikirim  melalui  pesan WAG dan menghimpun berita peristiwa yang terjadi dari berbagai pelosok daerah dan nagari di Sumatera Barat. 

Kami terenyuh membaca terjadinya peristiwa bencana gempa bumi di Pasaman Barat , yang mengakibatkan banyak pengungsi dan korban, oleh  karena itu kami mencoba mengumpulkan dana sekeluarga untuk dikirim ke Pasaman Barat melalui  Yulison  sebanyak 210.00 USD . 

“Alhamdulillah sudah diterima oleh Wabup Risnawanto, ungkap istrinya Yasmin Zein melalui Wa dari Amerika Serikat,” Jumat ( 4/3).

Menurutnya Yasmin Zein,  ia merasa ngeri melihat tayangan TV dari Indonesia serta membaca peristiwa yang diliput dari berbagai media peristiwa terjadinya reruntuhan bangunan yang telah meluluh lantakkan rumah penduduk  dan ribuan rakyat Nagari Kajai, Kecamatan Talamau  , Kabupaten Pasaman Barat mengungsi ke tenda-tenda  akibat gempa bumi tersebut.

“ Hanya itulah yang dapat kami sumbangkan meskipun tidak seberapa, semoga Allah memberi ketenangan bagi masyarakat di Pasman Barat yang terkena musibah agar tetap tenang dan sabar ,“ tutur Yasmin.

Sementara itu ,  Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto mengucapkan terimakasih kepada Zaini Zein beserta istri yang telah peduli terhadap korban bencana yang menimpa warga Pasaman Barat, khususnya warga Nagari, Kajai, Timbo Abu dan lainnya dalam Kecamatan Talamau. 

Tempat terpisah Yulison wartawan senior Pasbar  yang juga mantan Kabag Humas Sekretariat Pemda Pasaman Barat  mengatakan, bantuan dari Zaini Zein dan Yasmin itu  diterima Kamis malam, akan tetapi belum bisa dicairkan karena di Pasaman Barat belum ada bank yang membuka money gram selain kantor pos 

“ Jadi,  baru Jumat ( 4/3) dicairkan dan langsung saya serahkan ke Posko utama Bencana dan diterima Wabup Risnawanto," ulas Yulison.

   YouTube DODI IFANDA MAIMBAU

Sebelumnya gempa 6,2 M yang terjadi Jumat pagi (25/2) menyebabkan 4.831 unit rumah masyarakat mengalami kerusakan akibat gempa beberapa waktu lalu.


Data sementara rumah atau pemukiman yang mengalami kerusakan 4.831 unit itu dengan rincian rusak berat 770 unit, rusak sedang 3.075 unit dan rusak ringan 986 unit.

Kerusakan bangunan paling banyak di Kecamatan Talamau dan diikuti di Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Kinali.

Untuk kerusakan fasilitas pendidikan sebanyak 54 unit dengan rusak berat 21, rusak sedang 14 dan rusak ringan 20 unit bangunan.

Fasilitas kesehatan mengalami 13 bangunan rusak. Dengan rincian lima unit rusak berat, empat unit rusak sedang dan empat unit rusak ringan.

Untuk fasilitas ibadah 40 unit mengalami kerusakan dengan rusak berat 16 unit rusak sedang tujuh unit dan rusak ringan tiga unit.

26 infrastruktur mengalami kerusakan dengan rusak berat 16, rusak sedang tujuh dan rusak ringan tiga.

Untuk gedung pemerintahan sekitar 17 unit gedung mengalami kerusakan dengan satu bangunan rusak berat, tujuh bangunan rusak sedang dan sembilan rusak ringan.


Gempa juga menyebabkan korban meninggal dunia sampai saat ini mencapai tujuh orang. Luka berat 45 orang dan luka ringan 336 orang," sebutnya.

Hingga saat ini total korban sebanyak 388 jiwa, masih dirawat di RSUD sembilan orang dan di RS Yarsi 20 orang.

Data dampak gempa akan terus divalidasi setiap hari oleh petugas sampai habis masa tanggap darurat 10 Maret 2022.


(Dodi IfandaRang Talu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre