Breaking News

Partai Golkar Pasbar Sisir Pengungsi Mandiri Korban Gempa Bantu 2000 Sembako


Pasbar,Figurnews.com- DPD Tingkat II Partai Golkar Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar menyalurkan bantuan kemanusiaan terhadap korban gempa bumi Pasaman Barat.

Ketua DPD Tingkat II Partai Golkar Pasaman Barat, Dirwansyah mengatakan ada 2000 paket sembako dibagikan kepada warga korban gempa bermagnitudo 6,2 pada Jumat (25/2) lalu.

“Hari kita bagikan 1000 paket sembako, besok kembali kita bagikan. Bantuan ini kita bagikan kepada pengungsi mandiri artinya mereka yang mengungsi di rumah saudaranya,” katanya, Minggu (6/3/2022).

Menurutnya gempa yang melanda Pasaman Barat seminggu yang lalu menimbulkan duka bagi warga. Korban gempa terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian untuk bertahan hidup dan di rumah sanak family keluarga di luar lokasi musibah di Simpang Empat, Kapa Luhak Nan Duo, Simpang Tigo dan Kinali. 

Partai Golkar sebut Dirwansyah turut berduka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa sebagian warga Pasaman Barat khususnya warga Kecamatan Talamau yang rumah nya hancur akibat gempa.

“Mereka saat ini butuh bantuan kita bersama. Jangan biarkan mereka sendirian menanggung beban ini. Dengan bantuan yang kita berikan setidaknya bisa meringankan beban yang dihadapi,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Golkar Pasbar,Datuak Cami didampingi Bendahara H. Amrizal menerangkan  seluruh kader Partai Golkar lainnya menyebar bantuan dibeberapa titik pengungsi mandiri yang ada di Kecamatan Pasaman, Kinali dan Luhak Nan Duo.

“Sebelumnya kita sudah menyerahkan sembako ke tenda-tenda pengungsian di titik pusat gempa di Kajai, Simpang Timbo Abu dan Pinagar, Kita perintahkan Kader Muda H. Romy Chandra jalin kerjasama komunitas relawan dan off road menembus timbo abu pada Rabu kemaren yang terkendala jalan longsor" kata Datuak Cami.

"Alhamdulillah dengan bantuan  teman-teman Off road, berhasil mengantar bantuan ke Mudiak Simpang melalui jalan  alternatif banja kajai translok Simpang timbo abu,” terang Rommy Candra.

“Namun kali ini kita sengaja menyusuri pengungsi-pengungsi mandiri yang mendirikan tenda dihalaman rumah saudaranya yang belum tersentuh bantuan secara maksimal,” sambungnya.

Untuk Talu Kecamatan Talamau berkemungkinan minggu depan di pasok bantuan ,karena terkendala jalan yang longsor di Rimbo kejahatan Limpato kajao dan polong onam Talu

Ia menyebut bantuan paket sembako yang disebar oleh mereka kali ini, diperoleh dari partisipasi pengurus, anggota DPRD Fraksi Golkar Pasaman Barat, AMPG dan juga dari keluarga besar Partai Golkar.

“Hasil bantuan yang kita galang di interen partai kita belikan sembako. Ada 2000 paket sembako didapat yang dibagikan khusus untuk korban gempa yang ada di Pasaman Barat,” sebutnya.

Menurutnya bencana alam yang terjadi di Pasaman Barat dan Pasaman merupakan duka bersama. Untuk itu ia berharap mari saling membantu meringankan beban korban.

Ia mengungkap, selama penyaluran bantuan yang dilakukan ke pengungsi mandiri yang mengungsi ke rumah saudara mereka dibeberapa kecamatan ditemukan beberapa kekurangan.

Seperti tikar atau alas tempat tidur, selimut, pakaian balita, perlengkapan anak, makanan bayi dan sembako. Para pengungsi ini mayoritas warga korban gempa dari Kajai dan Timbo Abu.

“Mereka sewaktu mengungsi tak membawa apa-apa, karena semua telah tertimpa bersama reruntuhan bangunan rumah mereka. Disamping itu karena rasa ketakutan ada nya gempa susulan sehingga mereka mencari titik terjauh untuk mengungsi,” ungkapnya.

Untuk ia berharap kepada Pemerintah Pasaman Barat dalam penyaluran bantuan jangan terfokus kepada posko-posko yang ada. Hendaknya dilakukan penelusuran terhadap pengungsi mandiri yang ada di Kecamatan Kinali, Pasaman dan Luhak Nan Duo.

“Kita minta selektif dalam penyaluran bantuan terhadap warga yang masih sedikit atau belum menerima bantuan sama sekali dari pemerintah di pengungsian mandiri,” harapnya.

“Kemudian hendaknya jangan dipersulit para korban ini dalam menerima bantuan, karena diminta KTP dan Kartu Keluarga. Dimana harus mereka dapat sementara semua berada dalam reruntuhan rumahnya,” sambung Rommy Candra.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre