Breaking News

Panen Raya Jagung Batui Selatan, Bupati: Pupuk Bersubsidi Akan Disalurkan Lewat BUMDes

 



BANGGAI, Figurnews.com – Bupati Banggai, Ir. H Amirudin menyebutkan bahwa pupuk bersubsidi yang diprogramkan oleh pemerintah daerah (pemda) akan disalurkan kepada para petani melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pernyataan tersebut disampaikan beliau saat memberikan sambutan dan arahan pada kegiatan Panen Raya Jagung Tahun 2022 (8/3/22), yang digelar di Desa Sukamaju I, Kecamatan Batui Selatan.

“Alhamdulillah pupuk bersubsidi sudah saya tanda tangani, dan cara edarnya dilakukan oleh BUMDes, untuk itu jika desa ini sudah ada Bumdesnya, akan kita berikan dana penyaluran pupuk,” tutur Ir. H Amirudin.

Pupuk, lanjut Bupati Banggai, tidak lagi disalurkan oleh perorangan atau kelompok yang malah mempersulit penyaluran pupuk itu sendiri, kemudian memperkaya diri dengan kredit-kredit yang tentunya membebani masyarakat. Sehingganya, penyaluran lewat BUMDes yang tersistem dan terlegitimasi dengan baik, diharapkan dapat membuat pengedaran pupuk bersubsidi tepat sasaran.

Masih terkait pupuk, Ir. H Amirudin menyampaikan pula bahwa selain ketersedian dan kualitas pupuk, cara penggunaan juga menentukan pertumbuhan bibit yang ditanam. Sedangkan perihal masalah kelangkaan pupuk yang dirasakan oleh para petani, beliau akan mengupayakan agar produksi pupuk amonia di PT. Panca Amara Utama dapat digunakan pula oleh masyarakat Kabupaten Banggai.

“Pupuk sebenarnya tidaklah langkah, melainkan tidak cukup, karena kurangnya produksi pupuk oleh Holding Company Pupuk Indonesia yang didanai Kementerian Keuangan, oleh karenanya untuk mengantisipasi itu, diharapkan masyarakat memiliki unit pengelolaan pupuk organik di setiap desa, silahkan dinas dan teman-teman penyuluh mengajukan permintaan pengadaan fasilitas tersebut,” sebut Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Yesiah Ery Tamalagi, SE turut mengomentari persoalan pupuk.

Sebelum sambutan dan Bupati Banggai serta Staf Khusus Mentan RI, kegiatan diawali dengan melakukan panen secara simbolis oleh jajaran pimpinan daerah, lalu menyaksikan persembahan marching band dan tarian tradisional oleh pelajar asal Batui Selatan, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan ada pula giat diskusi dengan masyarakat di akhir acara.

Turut hadir pula Bersama masyarakat Batui Selatan, pimpinan DPRD Banggai, Asisten II dan para Kepala Bagian Setda Banggai, Camat dan unsur Forkopimcam Batui Selatan serta Kepala-Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemda Banggai.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre