Breaking News

OPD Tanah Datar Lakukan Perjanjian Kerjasama

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Sebanyak 23 Perangkat Daerah di Tanah Datar kembali melakukan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar bertempat di Kantor Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar, Jum'at (11/3/2022).

Penandatangan PKS ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum terhadap data penduduk melalui verifikasi dan validasi data penduduk secara terpusat yang telah terkoneksi dengan database kependudukan nasional.

Dalam sambutannya, Kadis Dukcapil, Armen Yudi, mengatakan bahwa pemberian hak akses pemanfaatan data kependudukan adalah dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia dimana setiap penduduk hanya memiliki satu data kependudukan yang sah dan diakui serta tidak terdata ganda sehingga setiap program pemerintah akan menjadi tepat sasaran dan tepat guna. Permalahan dalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat terjadi karena tidak sinkronnya data kependudukan dengan data pada instansi/lembaga pemberi bantuan sehingga sering kali ada masyarakat yang mendapat bantuan lebih dari satu sementara ada yang pantas untuk menerima justru tidak mendapatkan apa-apa.

"Tahun ini Insya Allah, seluruh OPD melakukan kerjasama dengan Dinas Dukcapil. Hal ini disamping merupakan target kinerja Kepala Dinas Dukcapil kepada Bupati Tanah Datar, juga merupakan target kinerja kepada Menteri Dalam Negeri. Namun demikian, hak akses yang akan diberikan nanti, agar benar-benar digunakan dan diakses oleh masing-masing OPD karena akan dilakukan monitoring oleh Dirjen. Dukcapil pada dashbord pemanfaatan data nasiona," imbuh Armen.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Layanan Penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Kematian bagi pasien yang melahirkan dan/atau pasien yang meninggal di RSUD Prof. dr. M. A. Hanafiah SM Batusangkar. 

Kadis Dukcapil berharap, update data kependudukan akan lebih cepat dilakukan terutama penambahan penduduk akibat peristiwa kelahiran dan juga pengurangan penduduk karena adanya peristiwa kematian di RSUD Prof. dr. MA Hanafiah SM Batusangkar. Hal ini juga akan menjadi nilai tambah bagi pelayanan di RSUD Prof. dr. MA Hanafiah SM Batusangkar. (Sutan)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre