Breaking News

Ny. Lise Eka Putra: Bundo Kanduang Berperan Penting dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

 

Tanah Datar, Figurnews.com

Sebagai daerah yang menganut paham matrilinial, kata Lise, Minangkabau meletakkan perempuan pada posisi istimewa. "Perempuan Minangkabau memiliki tempat dan hak suara di kaumnya, pendapatnya didengar, pertimbangan diperlukan," katanya.   

Hal tersebut disampaikan oleh Ny. Lise Eka Putra dihadapan Bundo Kanduang se Sumatera Barat  saat Konsolidasi di Batusangkar, Kamis (24/3/2022).

Ditambahkan Lise, ada dua peran utama Bundo Kanduang yang menjadi tolak ukur, yakni apabila Bundo Kanduang mampu bertahan dan mempertahankan nilai-nilai kebudayaan dan apabila Bundo Kanduang mampu melindungi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta melakukan edukasi, pencerahan dan memberikan solusi terhadap suatu permasalahan. 

"Dalam momentum konsolidasi ini yang merupakan wadah Bundo Kanduang sharing informasi, mencari solusi permasalahan yang dihadapi kaum perempuan, menyatukan pemikiran, saling mendukung, sumbang saran dan lainnya" kata Ny. Lise yang juga sebagai penasehat Bundo kanduang Tanah Datar. 

Kegiatan turut dihadiri Forkopimda Tanah Datar, Ketua LKAAM Tanah Datar, Kepala Dinas Sosial, Bundo Kanduang Kecamatan dan Nagari se Tanah Datar serta undangan lainnya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre