Breaking News

Musrenbang RKPD Sarolangun, Bupati Cek Endra : Untuk Pemulihan Ekonomi Lanjutkan Program P2DK

 


Sarolangun (JAMBI), Figurnews.com - Pemkab Sarolangun melaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2023 dengan tema  "Pemulihan Ekonomi Melalui Pemantapan Infrasruktur Dan Daya Saing Daerah", Rabu (23/3) di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun. 

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan untuk pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Sarolangun di tahun 2023 dilakukan melalui Program ekonomi kerakyatan Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK). 

Acara ini dibuka secara langsung Bupati Cek Endra turut dihadiri Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Kepala Bappeda H.  Muhammad, Anggota DPRD Sarolangun, Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD dan para Camat.

Turut hadir perwakilan dari Dirjen KLHK, Dirjen Kemendagri, Kepala Bappeda Provinsi Jambi selaku Narasumber, unsur Forkompinda, Kepala Bank Se Kabupaten Sarolangun, Kepala Perusahaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, LSM dan insan Pers serta tamu undangan lainnya.

Bupati Cek Endra 

yang membuka acara dalam arahannya menyambut baik pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2023, yang merupakan terakhir kalinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

" Pelaksanaan acara ini nantinya dapat merumuskan penyusunan perencanaan pembangunan yang selaras dengan RPJMD Provinsi Jambi dan Pemerintah Pusat," kata Bupati Cek Endra. 

Bupati Cek Endra mengucapkan rasa syukur karena pertumbuhan ekonomi di provinsi Jambi membaik,  khususnya Kabupaten Sarolangun tertinggi yaitu 6,6 persen. Dimana untuk pusat pengembangan ekonomi, Perencanaan sudah bagus dan diselaraskan dengan perencanaan pembangunan Provinsi Jambi dan Pemerintah Pusat. 

Cek Endra berharap nantinya melalui Musrenbang ini dapat merumuskan perencanaan pembangunan daerah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sarolangun, khususnya persoalan illegal driling di kecamatan Pauh dan persoalan aktivitas penambangan emas tanpa izin.

" Bagaimana ada solusi dari potensi ini yang diatur secara Perda atau aturan yang lebih tinggi sehingga masyarakat bisa menikmati hasil bumi dengan cara legal," harapnya.

Berkaitan dengan kehadiran dirjen perhutanan sosial KLHK bahwa Sarolangun aktif sekali mendorng program klhk baik dalam menyelesaikan konflik lahan masyarakat. 

Bupati juga menekankan agar pemerintah Kabupaten Sarolangun tetap fokus dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, sebagaimana program Pemerintah Pusat di tengah masa pandemi virus Corona. 

"Untuk pemulihan ekonomi kita lakukan dengan program ekonomi kerakyatan Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) karena sudah nyata manfaatnya yang sudah kita lakukan hampir sepuluh tahun," terang Bupati Cek Endra. 

"Saya minta Pemkab Sarolangun tetap fokus pada program peningkatan ekonomi kerakyatan untuk peningkatan ekonomi P2DK, " pintanya. 

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan piagam penghargaan perencanaan pembangunan terbaik bagi jajaran OPD Kabupaten Sarolangun pada kategori Badan, Dinas dan Kecamatan dan penyelengara Musrenbang terbaik, dan pemberian cindera mata kepada para narasumber serta Penandatangan berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2023. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre