Breaking News

Mengenal Trisula Dukcapil Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Alhamdulillah pelaksanaan Launching Sistem Layanan Trisyla Dukcapil Membahana (Tiga Sistem Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membahagiakan Masyarakat Tanah Datar) dan Inovasi Layanan Pemudaku Tampan Sekali (Pemutakhiran Data Kependudukan Tanah Datar Menuju Masa Depan Sejahtera, Berkualitas dan Mandiri) oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE,MM bersama Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH, MH telah berjalan dengan baik dan lancar di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Senin (21/3/2022).

Sistem layanan Trisula Dukcapil Membahana merupakan kombinasi layanan secara online dan manual serta mewujudkan upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Tanah Datar saat ini dapat diakses paling jauh hanya sampai kantor Wali Nagari saja melalui Petugas Registrasi Nagari khusus bagi masyarakat tidak bisa mengakses layanan secara online.

Sedangkan bagi masyarakat yang mempunyai handphone android, layanan administrasi kependudukan sudah dapat diakses kapan saja dan dimana saja secara online melalui aplikasi Oase Dukcapil dengan link https://oasedukcapil.tanahdatar.go.id atau melalui WA ke 08116600678 khusus masyarakat dan WA ke 08116604101 khusus petugas yang melayani penerbitan dokumen kependudukan di instansi/lembaga yang bekerjasama dengan Dinas Dukcapil.

Dokumen kependudukan selain KIA dan KTP-el dapat dicetak sendiri oleh masyarakat yang bersangkutan menggunakan kertas ukuran A4 80 gram. Sedangkan pencetakan KTP-el sudah bisa dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar dan kedepannya juga akan diupayakan juga pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) di masing-masing kecamatan karena dapat dicetak menggunakan alat pencetakan yang sama.

Dengan adanya inovasi tersebut, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak mengurus dokumen kependudukan nya tepat waktu. Bahkan saat ini, bagi ibu-ibu yang melahirkan di Rumah Sakit/Klinik Bersalin yang sudah bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Tanah Datar maka akan mendapatkan KK terbaru dan Akta Kelahiran anak yang bersangkutan. 

Begitu  juga bagi pasangan yang baru menikah di KUA akan mendapat 5 Dokumen Kependudukan sekaligus seperti KK Orang Tua pasangan laki-laki, KK orang tua pasangan perempuan, KK pasangan pengantin ybs, dan KTP-el Suami dan Istri masing-masing. Demikian juga halnya bagi pasangan yang bercerai di Pengadilan Agama Batusangkar dan Pengadilan Agama Padang Panjang juga akan mendapatkan KK terbaru masing-masing mantan suami dan istri tersebut. 

Dalam acara tersebut, juga diluncurkan Inovasi Pelayanan Pemudaku Tampan Sekali (Pemutakhiran Data Kependudukan Tanah Datar Menuju Masa Depan Sejahtera, Berkualitas dan Mandiri) yang bertujuan untuk percepatan pemutakhiran data kependudukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 dan juga untuk persiapan penerapan aplikasi SIAK Terpusat di Kabupaten Tanah Datar. 

Dengan data yang akurat, mutakhir dan inklusif maka tentu data pemilih yang akurat, mutakhir dan inklusif dapat diwujudkan sebagaimana mestinya. Data yang akurat juga sangat berdampak positif terhadap perencanaan pembangunan, penegakan hukum, pembangunan demokrasi dan sebagainya sebagaimana dimaksud Pasal 58 ayat (4) UU No. 24 Tahun 2013.

Dengan adanya launching tersebut, harapan akan kemudahan pelayanan dan peningkatan kualitas data kependudukan dapat dicapai dan dapat mewujudkan Tanah Datar yang sejahtera, berkualitas dan mandiri. (**)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre