Breaking News

Layani Masyarakat secara Maksimal, Mendaftar Paspor Bisa Sambil Rebahan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas l TPI Palembang Mohammad Ridwan S.Si.,M.Si (kiri) Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus (Tengah) Kepala Seksi Tekhnologi Komunikasi Narsepta Hendy (kanan)

  • Kantor Imigrasi Sosialisasi Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) dan Layanan EAZY Passport 


Palembang, Figurnews.com,-

Seluruh masyarakat di Indonesia kini dapat mengakses aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) untuk kemudahan dalam pelayanan paspor dan keimigrasian. Dengan adanya M-Paspor masyarakat mendapatkan Paspor sambil Rebahan.

Sejak diluncurkannya Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-72 yang berlangsung pada hari Kamis pada bulan Januari lalu. di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI Kuningan Jakarta Selatan.

"Kegiatan hari ini digagas oleh Imigrasi Kelas I Palembang adalah sosialisasi M-Paspor dan juga layanan Eazy Passport,"kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Harun Sulianto melalui Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus, Saat Sosialisasi di hotel jalan Malaka lV, Senin (14/03/2022).

Aplikasi M-Paspor merupakan inovasi Ditjen keimigrasian guna untuk melayani masyarakat secara maksimal. Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 untuk mengurangi kerumunan dan juga memutuskan rantai makelar.

Herdaus menuturkan bahwa Aplikasi M-Paspor sudah berlaku di seluruh Indonesia sejak diluncurkannya beberapa waktu lalu. Sehingga masyarakat berada dimana saja mengakses Aplikasi M-Paspor.

"Pemberlakuan nya sendiri sejak di launching, berlaku di seluruh Indonesia, Masyarakat berada dimana saja bisa mengakses aplikasi M-Paspor yang terpenting ada alat nya seperti gadget dan yang lebih penting lagi jaringan internet nya,"tuturnya

Sementara Kepala Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan memaparkan bahwa Keunggulan M-Paspor sangat banyak. Mulai dari fitur keamanan yang sulit dipalsukan, Bebas melakukan kunjungan bagi negara yang tertentu dan fasilitas autogate di Bandara.

"Tentunya kelebihannya cukup banyak hal pertama menjamin Pemohon mendapatkan antrian, Pemohon dilayani di hari kedatangan,dari sisi lain seperti akuntabilitas menjadi lebih clear karena PNBP per Pemohon,"katanya


Cara Pendaftaran M-Paspor

1. Pemohon mengajukan pendaftaran aku n dan login Sama seperti apillons lainya

2. Penginputan Data Pemohon (Verifikasi NIK dan upload berkas) +

3. Pemilihan lokasi permohonan, jenis paspor, dan jadwal kedatangan

4. Persetujuan data, syarat, dan ketentuan 

5. Pembayaran (maksimal 2 jam sejak kode billing terbit) 

6. Pelaksanaan verifikasi, wawancara, dan pengambilan biometrik)

"Satu akun paspor Online dapat mendaftarkan lima pemohon pada jadwal kedatangan dan Kantor Imigrasi yang sama, Jika NIK tidak terverifikasi, pemohon melakukan konfirmnasi langsung ke dukcapil, Pemohon bebas memilih kantor imigras sesuai lokasi yang terdekat, Pemohon bisa melakukan re-schedule sebanyak 2 kali maksimal h-1 sebelum jadwal kedatangan,"ulas Ridwan

Selain M-Paspor, kata Ridwan Kantor Imigrasi Kelas l TPI Palembang juga memudahkan masyarakat untuk melakukan Pemohon Paspor bagi yang berkelompok seperti Instansi atau lainnya dengan catatan menyiapkan tempat yang layak dan nyaman bagi pemohon dan juga mengedepankan protokol kesehatan karena wabah pandemi covid-19 sampai saat ini belum berakhir.

"Untuk Pemohon Eazy Passport harus menyediakan tempat yang bagus seperti ruangan ber-AC, karena Kantor Imigrasi menginginkan pelayanan sebaik mungkin sesuai dengan pelayanan dikantor Imigrasi,"harapnya


Prosedur Permohonan Eazy Passport

1.Layanan Eazy Passport melayani minimal 50 (lima puluh) permohonan

2.Keluarga dari para pegawai di lingkungan Perkantoran Pemerintah/TNI/ POLRI/ BUMN/BUMD/Swasta dan institusi pendidikan dapat diberikan pelayanan paspor dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport

3.Layanan Eazy Passport hanya melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku dan tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak

4.Jadwal layanan ditentukan oleh Kantor Imigrasi setempat dan dilayani di hari kerja (pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat) atau di luar jam/han kerja.

5.Pelaksanaan input data dan pengambilan biometrik dilakukan dengan mobile unit SPRI baik secara online atau offline.

6.Proses penyelesaian paspor 3 (tiga) hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran PNBP sesuai dengan jenis paspor yang dipilih.

7.Pemohon Layanan Eazy Passport dapat diberikan layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama dengan syarat pembayaran PNBP dilakukan sebelum pukul 12.00 waktu setempat

8.Pengambilan paspor yang sudah dicetak pada Kantor Imigrasi dapat dilaksanakan sebagai berikut : a) diambil langsung oleh pemohon paspor, b) diambil oleh perwakilan instansi/kantor/komunitas sebagaimana tersebut pada angka 1 dengan melampirkan surat kuasa/ surat perintah dari pimpinan/para pemohon dan c) dikirim melalui jasa PT. Pos Indonesia

9.Dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport agar diterapkan prosedur pencegahan penularan Corona Disease 2019 (Covid-19) dengan menyediakan alat pelindung diri bagi petugas dan menerapkan physical distancing.


Dijelaskannya juga biaya pembuatan paspor keimigrasian sesuai dengan PP nomor 28 tahun 2019.Paspor 48 Halaman Rp. 350.000,- per permohonan, Paspor 48 Halaman Elektronik - Rp. 650.000,- per permohonan, Biaya Percepatan Paspor Yang Selesai Hari Yang Sama Rp. 1.000.000,- permohonan,Biaya Beban Paspor Hilang Rp. 1.000.000,- per buku, Biaya Beban Paspor Rusak Rp. 500.000,- per buku.

"Untuk biaya Pembuatan paspor sudah diatur, jadi kalau ada pembuatan Paspor di luar angka yang sudah ditentukan ada kemungkinan calo (makelar) silahkan laporkan ke kami,"tegasnya.

Perlu diketahui bahwa Bagi Pemohon Paspor tidak diwajibkan melampirkan BPJS, karena sampai saat ini belum ada ketentuan.

Hadir mendampingi Kepala Imigrasi Kelas l TPI Palembang, Kepala Seksi Tekhnologi Komunikasi (Tekinfokim) Narsepta Hendy Pejabat Struktural Imigrasi kelas l TPI Palembang.(Fera)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre