Breaking News

Kegiatan Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Dilaksanakan Di Nagari Durian Tinggi



Pasaman (Sumbar) figurnews com.

Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping  mendapatkan jadwal kegiatan Posyandu Lansia dan Posbindu katagori umum dan lansia, dari Puskesmas Lubuk Sikaping. Kerjasama dari petugas kesehatan Puskesmas Lubuk Sikaping dan Bidan Desa kader kesehatan (kader Posyandu) Nagari Durian Tinggi, melaksanakan kegiatan Posbindu katagori umum dan lansia. Posbindu merupakan kepanjangan dari Pos Pembinaan Terpadu, Jumat (18/03/2022).

Masyarakat Nagari Durian Tinggi sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan ini,karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat biar tahu akan pentingnya penyakitnya.

Ns. Indri Wardani yang didampingi oleh 8 Bidan Desa se Kenegarian Durian Tinggi mengatakan pada media online figurnews.com bahwa Posbindu merupakan salah satu peran serta masyarakat, dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular katagori utama. Kegitan tersebut dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan berkesinambungan. Faktor risiko penyakit tidak menular meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Bidan Desa yang didampingi kader posbindu dalam pelaksanaanya sampai kader posbindu dapat melaksanakan tugasnya secara mandiri terutama dalam melakukan pengukuran tekanan darah ,pengukuran IMT, serta kader mampu melakukan pencatatan ,pelaporan dan rujukan, ungkapnya.

Disini juga diadakan kegiatan Posyandu Lansia ,kegiatan ini sangat positif sekali karena banyak masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan ini terutama yang berumur 60 tahun keatas,tegasnya.

Posyandu lansia adalah : Pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut disuatu wilayah tertentu yang sudah disepakati ,yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan .

Posbindu, saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah (Kemenkes) untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan. Sebagaimana kita ketahui, berbagai data dan penelitian, menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya), sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular,tutupnya.(Erik Takana)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre